Cara Mengisi Baterai Sepeda Motor Listrik yang Benar

Yowan R
Kamis 17 Agustus 2023, 14:24 WIB
Ilustrasi pengecasan baterai motor listrik yang benar (Sumber : unitedmotor.co.id)

Ilustrasi pengecasan baterai motor listrik yang benar (Sumber : unitedmotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Penyebaran sepeda motor listrik di Indonesia saat ini tengah digencarkan oleh pemerintah RI. Bahkan, pemerintah juga memberikan subsidi sebesar Rp7 juta dalam setiap pembelian motor listrik. Hal ini terus dilakukan dalam rangka mempercepat elektrifikasi kendaraan.

Jika pada sepeda motor konvensional membutuhkan bahan bakar fosil seperti bensin agar mesinnya dapat menyala. Sepeda motor listrik menggunakan energi listrik untuk menyalakan mesin.

Daya listrik pada motor listrik ini tersimpan di baterai khusus. Jika daya listrik dalam baterai habis maka perlu dilakukan pengisian ulang sama seperti mengecas baterai pada ponsel.

Nah, untuk melakukan pengisian ulang daya baterai motor listrik ini tentunya harus menggunakan cara yang benar agar baterai tetap awet.

Lalu, bagaimana cara mengisi daya baterai motor listrik yang benar? Simak selengkapnya cara yang Labviral.com berikan di bawah ini:

1. Lakukan pengecasan saat baterai dalam kondisi 40% - 50%

Untuk melakukan pengecasan baterai motor listrik ini sebaiknya dilakukan jangan sampai kondisi baterai hampir habis. Usahakan untuk melakukan pengecasan saat baterai masih kondisi 30 % hingga 40 %.

2. Perhatikan waktu pengecasan

Cara mengecas baterai motor listrik yang benar selanjutnya adalah selalu memperhatikan waktu pengecasan. Karena setiap motor listrik memiliki prosedur pengisian daya yang berbeda satu sama lainnya, maka kamu haru melakukan pengecasan baterai motor listrik sesuai aturan yang berlaku.

Tapi, pada umumnya untuk melakukan pengecasan baterai motor listrik ini dilakukan antara 4 hingga 6 jam saja.

3. Hindari cas baterai di bawah 20%

Pengecasan baterai motor listrik yang benar berikutnya adalah tidak menunggu kapasitas baterai berada dibawah 20 % agar usia pakai baterai motor listrik bisa lebih panjang. Karena, saat baterai berada pada kapasitas dibawah 20 % bisa membuat sel-sel baterai bekerja lebih berat.

4. Cas baterai motor listrik secara berkala

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini