Tips Mencegah Tangki Sepeda Motor Agar Tidak Berkarat

Yowan R
Kamis 17 Agustus 2023, 19:34 WIB
Ilustrasi tangki bensin sepeda motor (FOTO: Lazada.co.id)

Ilustrasi tangki bensin sepeda motor (FOTO: Lazada.co.id)

LABVIRAL.COM - Karat yang timbul pada tangki sepeda motor menyebabkan performa mesin menjadi menurun. Biasanya, karat yang muncul pada tangki motor, kotorannya akan terbawa bensin masuk ke sistem pembakaran.

Hal inilah yang mengakibatkan performa mesin menjadi menurun. Sebab, jalur bensin akan tersumbat yang mengakibatkan bensin tidak mengalir dengan sempurna dan berpotensi mengakibatkan motor mogok di tengah perjalanan.

Karena itu, para pemilik sepeda motor wajib untuk selalu mengecek kondisi tangki motornya dan mencegah agar tangki motor tidak karatan.

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah tangki motor agar tidak karatan? Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti tips yang akan Labviral.com berikan di bawah ini.

1. Gunakan bensin yang berkualitas baik

Bensin yang berkualitas baik tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Selain membuat kinerja mesin menjadi lebih optimal, bensin yang berkualitas baik juga membuat tangki motor menjadi tidak mudah berkarat.

Karena itu, selalu gunakan bensin minimal sesuai yang disarankan oleh APM (Agen Pemegang Merek) maupun Pertamina. Kamu dapat mengetahui bensin yang disarankan untuk digunakan dengan melihat rasio kompresi mesin pada spesifikasi sepeda motor.

2. Isi bensin hingga penuh di tangki

Agar tangki motor tidak mudah berkarat selanjutnya adalah selalu mengisi penuh tangki setiap melakukan pengisian ulang bensin. Sebab, tangki bensin yang tidak terisi penuh berisiko timbul karat karena bensin akan mengalami pengembunan. Embun yang dihasilkan bensin pada tangki motor ini akan menjadi air yang perlahan akan mengendap dan menjadi karat.

Selain itu, air juga dapat masuk ke dalam tangki ketika mencuci motor dengan tekanan. Pastikan untuk menghindari penyemprotan air ke bagian tangki menggunakan kompresor.

Nah, jika tangki terlanjur berkarat kamu dapat membersihkannya dengan cara yang cukup mudah. Kamu perlu melepas tangki dari motor, menguras bensin yang tersisa hingga habis, setelah kosong tangki bisa diisi dengan cuka atau asam klorida.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini