Apa Saja Kesalahan Pemula Saat Mengoperasikan Motor Listrik?

Yowan R
Senin 21 Agustus 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi mengendarai motor listrik (Sumber : switchmotorcycles.com)

Ilustrasi mengendarai motor listrik (Sumber : switchmotorcycles.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor listrik, menggunakan komponen penggerak yang bernama dinamo menggantikan mesin pada sepeda motor konvensional. Dinamo pada sepeda motor listrik bekerja dengan prinsip mengubah daya listrik menjadi energi gerak seperti yang dijelaskan melalui teori dasar dalam ilmu fisika.

Dalam teori dasar ilmu fisika menjelaskan jika ada tiga unsur yang berkaitan dalam teori elektromagnetik yaitu, magnet, listrik dan gaya. Nah, unsur gaya inilah yang dimanfaatkan para ilmuwan untuk menggerakan motor listrik.

Mengingat motor listrik yang bergerak menggunakan dinamo dengan unsur gaya, ada beberapa kesalahan para pengendara untuk mengoperasikan motor listrik yang justru mengakibatkan dinamo pada motor listrik menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Lalu, apa saja kesalahan yang sering dilakukan para pemula saat mengoperasikan motor listrik? Untuk lebih jelasnya tentang kesalahan yang sering dilakukan pemula ini, kamu bisa simak selengkapnya berikut ini:

1. Memainkan tuas gas asal-asalan

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pemula saat mengoperasikan motor listrik adalah memainkan tuas gas asal-asalan, seperti menggeber-geber gas secara tidak beraturan. Hal ini akan mengakibatkan dinamo motor listrik menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Saat tuas gas motor listrik dimainkan secara tidak beraturan, maka controller akan mendapatkan perintah untuk mengatur banyak sedikitnya arus listrik yang dikirimkan menuju dinamo. Nah, sebelum arus listrik masuk menuju ke dinamo, maka arus listrik tersebut akan diolah terlebih dahulu oleh sebuah sensor dengan demikian putaran dinamo akan sesuai permintaan pengendara.

2. Melakukan pengereman mendadak

Selain memainkan tuas gas secara asal-asalan, kesalahan lain yang sering dilakukan pemula saat mengoperasikan motor listrik adalah melakukan pengereman secara mendadak.

Pengereman secara mendadak sangat berisiko karena dapat mengakibatkan pengendara motor mengalami kecelakaan.

3.  Tidak memperhatikan daya listrik

Kesalah terakhir yang sering dilakukan para pemula saat mengoperasikan sepeda motor listrik adalah tidak memperhatikan kapasitas daya yang tersedia. Mereka biasanya langsung saja mengendarai sepeda motor listriknya sehingga kehabisan baterai di perjalanan.

Motor listrik yang sering kehabisan baterai akan membuat baterai motor listrik usia pakainya menjadi berkurang dari yang biasanya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia 2023

Rabu 09 Agustus 2023, 14:58 WIB
Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia 2023
Berita Terkini