Rangka eSAF Skutik Honda Karatan dan Patah? Coba Atasi dengan Cara Ini

Yowan R
Senin 21 Agustus 2023, 16:22 WIB
Ilustrasi skutik Honda BeAT denganr rangka eSAF yang patah saat dikendarai (Sumber : instagram.com/infodepok_id)

Ilustrasi skutik Honda BeAT denganr rangka eSAF yang patah saat dikendarai (Sumber : instagram.com/infodepok_id)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini, di media sosial ramai tentang rangka eSAF pada skutik Honda yang mengalami karatan hingga patah. Akibat viralnya rangka eSAH yang patah ini banyak para pemilik skutik Honda yang khawatir jika rangka motornya akan mengalami hal yang serupa.

Perlu diketahui, rangka eSAF ini digunakan oleh skutik Honda mulai dari tahun 2019 pada pada Honda Genio. Lalu, diikuti oleh produk selanjutnya di Honda BeAT series, yang meliputi BeAT standar dan BeAT Street, kemudian ada Honda Scoopy, Honda Vario 125, serta Honda Vario 160.

Rangka eSAF ini berbeda dengan rangka-rangka motor matic Honda yang lainnya. Rangka eSAF ini terbuat dari plat baja yang di-pres kemudian di las menggunakan laser, sehingga memiliki lipatan atau tulang di sisi-sisinya. Sementara itu, rangka skutik Honda lainnya dibuat menggunakan pipa besi yang dilas menggunakan metode pengelasan pada umumnya.

Rangka skutik Honda yang menggunakan desain eSAF ini diklaim lebih ringan 4 kg dibandingkan dengan rangan skutik Honda yang terbuat dari pipa besi, sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit serta membuat pengendara lebih mudah melakukan manuver saat berkendara.

Terkait rangka eSAF pada skutik Honda yang mudah berkarat dan patah ini mendapatkan berbagai tanggapan dari para mekanik dan penggemar sepeda motor di Indonesia, salah satunya adalah Devianto Wahjoe yang memberikan tanggapannya terkait hal tersebut melalui akun Instagram pribadinya @deviantowahjoe.

"Sekarang yang sering ditemui adalah keropos pada beberapa titik yang menyebabkan patah. Saya rasa desainnya tidak salah, namun ada beberapa titik yang rentan." Ucap Devianto.

Menurutnya, bagian bawah rangka cenderung lebih banyak terkena air dan juga menjadi tempat akumulasi tanah, yang mengakibatkan karat muncul.

"Solusinya adalah dengan membersihkannya dan mencegah patah sasis. Jika ada tanda-tanda karat, bersihkan dengan sikat kawat atau amplas, kemudian cat ulang," saran Devianto.

Nah, bagi kamu para pemilik skutik Honda yang telah menggunakan rangka eSAF ini, nggak perlu khawatir rangka motornya berkarat dan patah. Sebab, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini