Contoh Soal dan Jawaban untuk Ujian Teori SIM C Terbaru Tahun 2023

Yowan R
Senin 21 Agustus 2023, 22:22 WIB
Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

LABVIRAL.COM - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu identitas yang sangat penting dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor. Untuk kendaraan roda dua, para pengendara harus memiliki SIM C.

Para pengendara sepeda motor yang tidak memiliki SIM C pasti bisa kena tilang polisi jika terkena razia, sebab SIM C ini merupakan salah satu identitas wajib yang harus dimiliki, selain itu, SIM C juga menjadi bukti bahwa pemilik sepeda motor telah memiliki kemampuan yang mumpuni mengendarai sepeda motor.

Nah, bagi para pengendara sepeda motor yang belum memiliki SIM C, sebaiknya segera membuat SIM C. Untuk membuat SIM C ujian teorinya terbilang yang paling sulit jika dibandingkan dengan ujian praktik.

Meskipun demikian, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan beberapa contoh soal beserta jawabannya terkait ujian teori SIM C terbaru tahun 2023 yang dilansir dari e-avis.korlantas.polri.go.id.

Untuk contoh soal dan jawaban ujian teori SIM C, bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini:

Persepsi bahaya

Contoh soal

1. Terdapat kendaraan parkir di sebelah kiri jalan. Pengendara sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 50 km/jam di wilayah perkotaan. Terdapat kendaraan parkir dengan kondisi pengemudi mobil masih di dalam yang ditandai dengan hidupnya lampu belakang mobil. Apa yang harus dilakukan pengendara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan?

Jawaban :

Pengendara motor harus mengurangi kecepatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dengan mobil yang sedang parkir di sebelah kiri pengendara.

2. Terdapat anak kecil yang akan mengambil bola di depan kendaraan Anda. Pengendara sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 30 km/jam di wilayah pemukiman. Terdapat anak-anak yang sedang bermain bola di bahu jalan tersebut. Apa yang harus dilakukan pengendara untuk mencegah terjadinya kecelakaan?

Jawaban :

Pengendara motor harus melakukan pengereman untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan anak-anak yang sedang bermain bola.

Wawasan

Contoh soal

1. Manfaat penggunaan helm dengan Benar adalah?

Jawaban :

Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm dengan baik dan benar dengan tujuan untuk melindungi kepala saat terjadi benturan keras.

2. Kewajiban pengendara sepeda motor di jalan antara lain?

Jawaban :

Demi keselamatan dalam berkendara, pengendara sepeda motor wajib untuk menyalakan lampu utama pada siang dan malam hari. Hal ini bertujuan untuk memberikan penyinaran yang ideal terhadap jalan bagi pengendara sepeda motor pada malam hari dan untuk mempermudah pengguna jalan lain untuk melihat keberadaan pengendara sepeda motor pada siang hari.

3. Apa yang harus dilakukan oleh pengendara sepeda motor bila mendekati alur penyeberangan pejalan kaki atau zebra cross?

Jawaban :

Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan atau zebra cross, sehingga kendaraan bermotor harus mengurangi kecepatannya dan memberikan kesempatan untuk pejalan kaki menyeberang.

4. Setelah SIM habis masa berlakunya, maka agar jangan sampai melanggar ketentuan, Anda harus melakukan?

Jawaban :

Ketika masa berlaku SIM pengendara habis, maka pengendara harus mengajukan permohonan penerbitan SIM baru ke Satpas.

Pengetahuan

Contoh Soal

1. Apa arti rambu lalu lintas P?

Jawaban :

Rambu di samping merupakan rambu larangan bagi pengendara untuk parkir di sekitar rambu tersebut.

2. Apa arti rambu lalu lintas stop?

Jawaban :

Rambu lalu lintas stop merupakan rambu yang mengharuskan pengendara untuk berhenti.

3. Untuk mengendarai sepeda motor besar diatas 500 cc pengendara wajib memiliki SIM?

Jawaban :

Untuk mengendarai sepeda motor besar diatas 500 cc pengendara wajib memiliki SIM C-II.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini