Apa Saja Materi Ujian Praktik SIM C yang Baru?

Yowan R
Rabu 23 Agustus 2023, 15:05 WIB
Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

LABVIRAL.COM - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu dokumen yang membuktikan bahwa pengendara telah mampu dan memenuhi persyaratan untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Untuk mengendarai kendaraan roda dua (sepeda motor) pengendara harus memiliki SIM C. Bagi pengendara yang belum memiliki SIM C sebaiknya segera melakukan pendaftaran dan membuat SIM C agar perjalanan lancar dari cegatan polisi serta terkena tilang.

Jika pada awalnya pembuatan SIM C ini cukup sulit dilakukan dan banyak yang gagal dalam ujian pembuatan SIM C khususnya pada ujian praktik karena materinya yang terlampau sulit.

Namun, saat ini tak perlu khawatir. Sebab, ujian praktik SIM C sudah lebih mudah dari awalnya. Polri resmi mengganti materi praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C sepeda motor sehingga kini dibuat tanpa ujian angka 8 dan zig-zag.

Pada materi baru, ujian praktik SIM C nantinya akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit dengan spesifikasinya yang telah diperbarui dari versi lama.

Sirkuit ujian praktik SIM C kini hanya memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok dengan salah satu bagiannya menyerupai huruf S.

Ilustrasi lintasan terbaru ujian praktik SIM CIlustrasi lintasan terbaru ujian praktik SIM C (Sumber: instagram.com/gallery.rze)

Saat uji praktik dimulai, pemohon SIM C akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu.

Lintasan untuk ujian praktik SIM C ini mengakomodir empat materi dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag atau disebut juga slalom. Ujian angka 8 kini diganti ujian berbentuk huruf S.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini