Efek Buruk Motor yang Sering Memuat Beban Berlebih, Bayangkan Saja Hidupmu Jika Kebanyakan Beban Deh!

Aci
Kamis 24 Agustus 2023, 23:38 WIB
Efek Buruk Motor yang Sering Memuat Beban Berlebih, Bayangkan Saja Hidupmu Jika Kebanyakan Beban Deh! (FOTO: mpmhondajatim.com)

Efek Buruk Motor yang Sering Memuat Beban Berlebih, Bayangkan Saja Hidupmu Jika Kebanyakan Beban Deh! (FOTO: mpmhondajatim.com)

LABVIRAL.COM - Kadang, orang tidak peduli pada seberapa besar beban yang ditumpukan pada kendaraan, khususnya kendaraan roda dua atau motor.

Tak peduli beratnya, yang penting semua terangkut. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan pemikiran pengguna kendaraan roda dua yang berlebihan muatan.

Padahal untuk kendaraan roda dua, umumnya memiliki batas beban berat berkapasitas 150kg, namun masih banyak orang yang tidak peduli akan batas beban tersebut.

Baca Juga: 5 Potret Keren Ananda Omesh Motoran, Suka Ajak Anak-Istri

Kelebihan beban pada motor, dapat membahayakan pengendara, sekaligus menjadi penyebab beberapa kerusakan pada motor itu.

Berikut Labviral.com jelaskan, beberapa efek buruk bagi motor berupa kerusakan, jika sering membawa beban dengan muatan yang berlebihan. Disimak, ya! 

1. Shock breaker rusak

Shock breaker menjadi komponen pertama yang akan merasakan efek dari penggunaan motor yang seringkali kelebihan muatan beban. Kerusakan pertama pada shockbreaker dimana shockbreaker berubah menjadi keras. Jika tidak segera diperbaikinya maka lama-kelamaan, shockbreaker tidak akan berfungsi.

Baca Juga: Kapokmu Kapan? Ini Hukuman Merokok Sambil Motoran

2. Kerusakan pada gear dan rantai

Selain shockbreaker, kerusakan akan berlanjut pada bagian gear depan dan belakang motor, sampai dengan rantai motor. Beban yang berlebihan akan menjadi penyebab rantai bergesekan lebih banyak dengan shocked depan maupun shocked belakang.

Hal tersebut membuat rantai maupun gear motor akan lebih cepat aus dan rusak.

3. Boros bahan bakar

Beban yang berlebihan, akan membuat kendaraan mengeluarkan tenaga yang jauh lebih extra. Karena semakin berat muatan beban, maka kendaraan akan menggunakan bahan bakar semakin banyak pula.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Motor Matic Punya 5 Penyakit Musiman, Lebih Sering Rusak Ketimbang Motor Manual

4. Mesin lebih cepat panas

Saat beban motor cukup berat, biasanya laju kendaraan akan semakin lambat. Hal tersebut tentu tidak seimbang, antara berat dan laju yang lambat. Ketidakseimbangan tersebut membuat mesin motor akan cepat lebih panas. Untuk itu, beban berlebihan pada motor dapat menyebabkan mesin motor overheat.

Nah, itu dia efek buruk dari kelebihan muatan pada kendaraan roda dua. Mulai sekarang, jangan suka memberi beban berlebihan untuk motor kesayanganmu, ya. Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini