Klarifikasi Honda Soal Rangka dengan Bercak Kuning Bukan Karat, Tapi Silikat!

Yowan R
Kamis 24 Agustus 2023, 16:29 WIB
Ilustrasi klarifikasi AHM tentang rangka eSAF, bukan karat tapi silikat (Sumber : instagram.com/welovehonda_id)

Ilustrasi klarifikasi AHM tentang rangka eSAF, bukan karat tapi silikat (Sumber : instagram.com/welovehonda_id)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini PT Astra Honda Motor (AHM) membuat video klarifikasi mengenai keluhan para pengguna produk mereka perihal rangka jenis eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang mudah berkarat, keropos, bahkan patah.

PT AHM memberikan klarifikasi melalui video yang diunggah di akun Instagram resminya @welovehonda_id. PT AHM mengklaim jika bercak berwarna kuning yang menjadi keluhan para penggunanya bukanlah karat, namun silikat atau senyawa yang dihasilkan dari metode pengelasan.

"Melalui video ini semoga menjawab keresahan Brosis yang bingung kenapa ada warna kuning di rangka motor Brosis ya," ungkap Honda melalui postingannya, Selasa 23 Agustus 2023.

Dalam video yang diunggah, AHM memerankan seorang pria dengan pakaian serba hitam, mulai dari pakaian, aksesoris seperti kacamata, sarung tangan hingga penutup wajah yang berwarna hitam. Hanya topi yang dikenakan oleh pria tersebut saja yang berwarna merah.

Pria yang terdapat dalam video tersebut bernama Bang Adnoh, semantara itu, untuk motor yang digunakan dalam video untuk memperlihatkan bercak kuning pada rangkanya adalah Honda Vario 160 terbaru yang menggunakan rangka eSAF berwarna hitam.

Bang Adnoh menjelaskan jika noda berwarna kuning pada rangka eSAF Honda bukanlah karat, melainkan silikat. Ia juga menjelaskan perbedaan antara karat dan silikat dengan cara mengelap noda kuning menggunakan tisu.

"Ini tuh silikat, bukan karat. Untuk ngebuktiinnya dibersihin dulu biar debunya hilang, kalau zudah kering baru dilap pakai tisu kering," ungkap AHM melalui video klasifikasinya di Instagram.

"Kalau karat pasti akan meninggalkan noda serbuk. Lapisan silikat yang terbentuk berfungsi melapisi hasil pengelasan atau oksidasi dari karat," kata AHM.

Sayanya, dalam video yang AHM buat tidak menjelaskan mengenai rangka eSAF mereka yang mudah patah. Mereka hanya menjelaskan noda kuning bukanlah karat melainkan silikat.

Klarifikasi inipun mendapatkan beragam tanggapan netizen. Mereka merasa kurang puas dengan klarifikasi yang diberikan oleh AHM karena hanya menjelaskan tentang silikat dan karat saja. AHM tidak memberikan penjelasan mengenai rangka eSAF Honda yang mudah patah seperti terlihat dalam beberapa kasus yang dialami para pemilik skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini