Apa Benar Ban Tubeless Pakai Ban Dalam Lebih Tahan Bocor?

Yowan R
Kamis 24 Agustus 2023, 21:57 WIB
Ilustrasi pemasangan ban dalam sepeda motor (Sumber : youtube.com/Siboen Chanel)

Ilustrasi pemasangan ban dalam sepeda motor (Sumber : youtube.com/Siboen Chanel)

LABVIRAL.COM - Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru telah menggunakan jenis ban tubeless yang diklaim lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis ban tube type.

Salah satu keunggulan dari ban tubeless adalah tidak perlu lagi menggunakan ban dalam. Selain itu, ban tubeless juga lebih sulit mengalami kebocoran. Contohnya, saat ban tubeless tidak sengaja tertusuk paku dan paku tidak langsung dicabut, maka angin di dalam ban tubeless tidak akan langsung habis.

Jika ban tubeless bocor, maka untuk menambalnya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dengan ban tube type yang membutuhkan waktu lama untuk menambalnya. Karena, ban dalam pada ban tubetype harus dilepas terlebih dahulu kemudian ditambal menggunakan metode pemanas agar tambalan merekat sempurna.

Meskipun ban tubeless ini lebih mudah ditambal, tapi tetap saja ada batas tambalan maksimal pada ban tubeless. Jika batas tersebut telah tercapai, berarti ban sudah tidak layak digunakan.

Tapi, ada saja orang yang terkadang memaksa saat ban tubeless sepeda motor mereka bocor lebih memilih untuk memasangkan ban dalam dengan alasan ban masih memiliki pattern yang tebal. Padahal, ban tersebut sudah bocor lebih dari 2 kali.

Selain karena hal diatas, ada juga orang yang membeli ban tubeless baru dan memasangkan ban dalam. Mereka beralasan, dengan memasangkan ban dalam pada ban tubeless akan membuat ban motor mereka menjadi lebih tahan bocor.

Sebenarnya, penggunaan ban dalam pada ban tubeless ini sangat tidak direkomendasikan. Selain akan mengganggu kinerja ban, fungsi dari ban tubeless juga menjadi tidak optimal.

Penggunaan ban dalam pada ban tubeless justru akan mengurangi kerapatan yang berfungsi untuk mencegah kebocoran, sehingga ban akan lebih mudah kempes dan bocor. Selain itu, saat ban bocor atau kempes dalam kondisi motor dipacu dengan kecepatan tinggi, ban dalam justru akan terlipat dan dapat merusak bagian luar ban tubeless.

Jadi, kesimpulannya penggunaan ban dalam untuk ban tubeless untuk membuat ban menjadi tidak mudah bocor adalah salah. Sebaiknya hindari penggunaan tersebut agar ban tubeless juga menjadi lebih awet.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini