Biker Wajib Tahu, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Solo Touring Menggunakan Sepeda Motor

Yowan R
Jumat 25 Agustus 2023, 22:37 WIB
Ilustrasi solo touring (Sumber : rideapart.com)

Ilustrasi solo touring (Sumber : rideapart.com)

LABVIRAL.COM - Para pecinta otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah solo touring. Solo touring ini bahkan menjadi sebuah salah satu cara terbaik untuk mewujudkan impian untuk mengendarai sepeda motor sendirian dengan angin yang berdesir di wajah untuk merasakan kebebasan tak terbatas, dan mengeksplorasi tempat-tempat baru dengan pengalaman yang tak tertandingi.

Namun, dalam setiap perjalanan tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan sukses. Terlebih saat melakukan perjalanan solo, bikers juga harus selalu melakukan persiapan penting dengan mempertimbangkan apa saja agar perjalanan dapat berjalan lancar, aman dan tak terlupakan.

Penasaran apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum solo touring? Langsung saja simak penjelasan dari Labviral.com berikut ini:

1. Pilih motor yang paling tepat

Salah satu persiapan penting yang harus dilakukan sebelum melakukan solo touring menggunakan sepeda motor adalah memilih motor yang tepat. Pemilihan motor ini dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tipe jalan dan jarak yang akan ditempuh.

Selain itu, kamu juga harus memilih motor dengan menentukan faktor kenyamanan dalam berkendara. Pastikan motor yang dipilih ini memiliki performa yang handal, dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang cukup banyak agar tidak kesulitan mencari bensin di tengah perjalanan.

2. Melakukan perawatan kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan solo touring ini, hal lain yang harus dipersiapkan adalah memastikan motor yang akan dikendarai dalam kondisi yang prima.

Agar kondisi motor prima tentunya harus dilakukan dengan perawatan, seperti memeriksa rem, lampu, suspensi, dan sistem lainnya. Melakukan servis rutin sebelum perjalanan jauh juga dapat mencegah kerusakan yang tidak diinginkan di tengah jalan.

3. Siapkan peta dan navigasi

Hal lain yang harus dipersiapkan dalam melakukan perjalanan solo touring adalah membawa peta fisik atau menggunakan perangkat navigasi yang handal sangat penting. Pastikan untuk memiliki peta jalan yang mencakup rute yang akan dilalui.

Peta fisik yang digunakan juga menjadi cadangan yang baik saat perangkat elektronik tiba-tiba bersamalah ataupun kehabisan daya.

4. Pakaian dan perlengkapan

Pilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca di daerah yang akan dituju. Jika akan melalui daerah dengan suhu rendah, pastikan untuk memilih pakaian yang hangat.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak melupakan perlengkapan pengaman seperti helm, jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang kokoh untuk melindungi tubuh dari hal yang tidak diinginkan.

5. Bawa barang bawaan seefisien mungkin

Persiapan yang harus kamu lakukan selanjutnya sebelum solo touring adalah memilih barang yang akan dibawah. Barang-barang yang akan dibawa ini meliputi pakaian cadangan, kebutuhan finansial seperti uang dan kartu rekening, serat izin berkendara, mantel hujan, peralatan motor dan perlengkapan P3K. Namun, barang yang akan dibawa ini harus di packing seefisien mungkin akan mudah dibawa.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini