Viral Knalpot Motor Meledak-ledak saat Di Kick Starter, Ini Penyebabnya

Yowan R
Sabtu 26 Agustus 2023, 16:47 WIB
Ilustrasi knalpot motor nembak saat dinyalakan menggunakan kick starter (Sumber : twitter.com/Pai_C1)

Ilustrasi knalpot motor nembak saat dinyalakan menggunakan kick starter (Sumber : twitter.com/Pai_C1)

LABVIRAL.COM - Knalpot sepeda motor yang nembak-nembak merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi para pemilik sepeda motor. Knalpot motor nembak-nembak ini biasanya terjadi saat motor dinyalakan atau saat gas dilepas.

Motor yang nembak saat dinyalakan menggunakan kick starter ini juga baru-baru ini viral di media sosial dan mendapatkan berbagai komentar dari netizen. Seperti dalam sebuah video yang diunggah melalui Twitter oleh akun @Pai_C1.

Saat hal tersebut terjadi, tentu saja sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karena itu, para pemilik sepeda motor harus tahu apa saja penyebab dari knalpot motor yang nembak agar dapat mengatasi masalah tersebut.

Untuk penyebab knalpot motor nembak ini, bisa dilihat selengkapnya berikut ini:

Penyebab knalpot motor nembak

Umumnya, knalpot motor yang nembak-nembak ini terjadi saat motor dinyalakan atau saat gas motor dilepas dan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Settingan karburator tidak tepat

Salah satu penyebab knalpot motor nembak adalah settingan karburator yang tidak tepat. Settingan karburator yang menghasilkan campuran bahan bakar terlalu kaya dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, yang mengakibatkan ledakan saat gas dilepas.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus menyetting ulang karburator agar menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat.

2. Knalpot tersumbat

Penyebab selanjutnya knalpot motor yang nembak adalah adanya penyumbatan pada knalpot motor. Sumbatan pada knalpot ini dapat terjadi karena kotoran dan kerak pada knalpot motor yang menghalangi aliran gas buang. Sehingga, menyebabkan tekanan yang berlebihan dan ledakan.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat membersihkan knalpot motor secara berkala atau mengganti knalpot dengan knalpot baru jika kotoran yang terdapat di knalpot sudah terlalu parah.

3. Pengapian yang tidak tepat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Cara Atasi Knalpot Motor Nembak-nembak

Sabtu 25 Maret 2023, 20:55 WIB
Cara Atasi Knalpot Motor Nembak-nembak
Berita Terkini