Perkembangan Honda BeAT dari Generasi Pertama Hingga Saat Ini!

Yowan R
Sabtu 26 Agustus 2023, 18:41 WIB
Kolase Honda BeAT dari generasi ke generasi (Sumber : Labviral.com)

Kolase Honda BeAT dari generasi ke generasi (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Siapa sih yang nggak kenal dengan skutik Honda yang memiliki julukan ‘motor sejuta umat’? Ya, skutik tersebut bukan lain adalah Honda BeAT series yang saat ini telah hadir dengan beberapa generasi.

Pensaran seperti apa perkembangan Honda BeAT dari generasi ke generasi? Simak penjelasannya di bawah ini:

Honda BeAT generasi pertama (2008 - 2010)

Ilustrasi Honda BeAT generasi pertamaIlustrasi Honda BeAT generasi pertama (Sumber : lacakharga.com)

Honda BeAT sendiri, pertama kali dirilis oleh PT AHM di Indonesia pada tahun 2008 hingga 2010 dengan menggendong mesin SOHC yang aslinya 108 cc tersebut memiliki tenaga 8,22 ps dan torsi 8,32 Nm yang menggunakan sistem suplai bahan bakar karburator. Honda BeAT 2008 ini memiliki desain bodi yang ramping dan kompak. Pada awal perilisannya, Honda BeAT generasi pertama ini dibanderol dengan harga Rp12 juta untuk OTR Jakarta.

Honda BeAT generasi kedua (2010 - 2012)

Ilustrasi Honda BeAT generasi keduaIlustrasi Honda BeAT generasi kedua (Sumber : lacakharga.com)

Kemudian, AHM memberikan penyegaran pada Honda BeAT ini menjadi generasi kedua pada tahun 2010 hingga 2012. Penyegaran yang diberikan pada Honda BeAT generasi kedua ini hanya terdapat pada desainnya saja. Untuk mesinnya sendiri, masih sama dengan generasi sebelumnya.

Honda BeAT generasi ketiga (2012 - 2014)

Ilustrasi Honda BeAT generasi ketigaIlustrasi Honda BeAT generasi ketiga (Sumber : id.carousell.com)

Setelah munculnya teknologi injeksi, AHM pun turut mengembangkan Honda BeAT menjadi generasi ketiga pada tahun 2012 hingga 2014 dengan banyak ubahan dari segala sektor. Dari segi desain, Honda BeAT generasi ketiga terlihat memiliki bodi yang lebih lebar dari Honda BeAT generasi pertama dan kedua.

Kemudian, untuk mesinnya sendiri, AHM juga mengubahnya menjadi lebih irit BBM dari generasi sebelumnya. Sistem pengabutan bahan bakar diubah dari karburator menjadi sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik oleh ECM. Kemudian, AHM juga menanamkan teknologi terbaru yang bernama Sistem pengabutan bahan bakar diubah dari karburator menjadi sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik oleh ECM.

Honda BeAT generasi keempat (2014 - 2016)

Ilustrasi Honda BeAT generasi keempatIlustrasi Honda BeAT generasi keempat (Sumber : id.carousell.com)

Di tahun 2014 -2016 AHM menyempurnakan Honda BeAt generasi ke-3 dengan memberikan teknologi  enhanced Smart Power (eSP). Sedangkan dari segi desain tidak ada perubahan, masih sama dengan BeAt tahun 2014. Cakupan dari teknologi eSP diklaim menambah sisi efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Komponennya pun terdiri dari beberapa bagian, mulai dari ACG Starter yang mengurangi gesekan hingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, juga sekaligus mendukung adanya fitur Idling Stop System (ISS).

Honda BeAT generasi kelima (2016 - sekarang)

Ilustrasi Honda BeAT generasi kelimaIlustrasi Honda BeAT generasi kelima (Sumber : lacakharga.com)

Nah, untuk generasi terakhir dari atau generasi keempat dari Honda BeAT hingga dimulai pada tahun 2016 hingga saat ini. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM memberikan update lagi perubahan facelift yang lebih signifikan berstatus All New.

Namun, dari segi mesinnya masih sama seperti mesin yang digunakan pada Honda BeAT generasi ketiga. Hanya saja, ada sedikit tambahan seperti kapasitas penyimpanan yang lebih longgar, bagasi lebih luas dan tangki BBM lebih besar menjadi 4 liter.

Selain itu, Speedometer diubah dengan perpaduan Analog dan Digital plus penambahan ECO Indicator dan Headlamp serta Casting Wheel (velg) desain baru yang lebih sporty.

Di tahun 2016, Honda juga menambah 1 varian BeAT lagi yang lebih bernuansa “lebih laki-laki” yakni BeAT Street dengan stang semi-flat terbuka (tanpa cover) seperti halnya motor naked.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini