Rangka eSAF Ternyata Sudah Diproduksi dan Dipasarkan Honda Sejak Tahun 1971

Yowan R
Senin 28 Agustus 2023, 15:08 WIB
Kolase rangka eSAF Honda pertama dan rangka eSAF skutik Honda terbaru (Sumber : Labviral.com)

Kolase rangka eSAF Honda pertama dan rangka eSAF skutik Honda terbaru (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Rangka skutik Honda yang menggunakan tipe eSAF belakangan ini memang tengah ramai diperbincangkan setelah banyak video beredar yang memperlihatkan rangkan eSAF pada skutik Honda yang karatan, keropos, hingga patah.

Sebelum mulai digunakan pada skutik Honda Genio yang dirilis pada tahun 2019, ternyata rangka tipe eSAF sebelumnya telah digunakan dan dipasarkan oleh Honda di Indonesia sejak tahun 1971.

Motor Honda yang pertama kali mengadopsi rangka eSAF adalah Honda S90Z yang memiliki julukan biji nangka karena memang bentuk tangkinya yang terlihat mirip dengan biji nangka.

Honda S90Z sendiri pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 1971 hingga 1975. Di tahun pertamanya, Honda S90Z hanya diproduksi sebanyak 1.500 unit saja.

Ilustrasi rangka eSAF pada Honda S90Z yang dirilis sejak tahun 1971 di IndoensiaIlustrasi rangka eSAF pada Honda S90Z yang dirilis sejak tahun 1971 di Indoensia (Sumber : flickr.com)

Rangka model eSAF sendiri, tersusun dari pelat yang dibentuk dengan cara di press sehingga memiliki ketahanan yang cukup kuat.  eSAF sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame, yang memiliki arti rangka dengan arsitektur cerdas yang disempurnakan.

Selain Honda S90Z, penggunaan rangka eSAF sendiri ternyata sudah digunakan oleh pendahulunya Honda S90. Hanya saja, Honda S90 ini hanya di jual di Indonesia saja sejak tahun 1964 hingga 1969 oleh Federal Motor yang saat ini namanya berganti menjadi Astra Honda Motor (AHM).

Ilustrasi Honda S90, motor Honda yang pertama kali menggunakan rangkan eSAFIlustrasi Honda S90, motor Honda yang pertama kali menggunakan rangkan eSAF (Sumber : pinterest.com)

Honda S90 tidak dirakit di Indonesia seperti penerusnya Honda S90Z. Honda S90 diimpor secara utuh ke Indonesia oleh Federal Motor hingga tahun 1969.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini