Apa Sih Servis Berat dan Servis Ringan yang Sering Dilakukan Pada Sepeda Motor?

Yowan R
Selasa 29 Agustus 2023, 20:51 WIB
Ilustrasi servis berkala motor Honda (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi servis berkala motor Honda (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Perawatan pada sepeda motor merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan para pemilik sepeda motor agar kondisi motornya tetap terjaga serta komponen-komponen motor tetap awet.

Selain perawatan berkala, servis pada sepeda motor juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan.  Servis dan perawatan berkala ini sebenarnya satu paket tapi sering dilakukan terpisah. Saat servis dibengkel terkadang mekanik atau montirnya hanya mengikuti instruksi dari pemilik motor, servis dan ganti oli.

Sudah itu saja tanpa dilakukan pengecekan lain seperti kondisi bearing roda, kampas rem, lampu – lampu, air radiator, busi, filter udara dan masih banyak lagi. Servis pada sepeda motor ini terbagi menjadi dua, servis berat dan servis ringan (servis berkala)e, kedua servis ini dilakukan secara berbeda.

Untuk lebih jelasnya antara servis ringan dan servis berat pada sepeda motor ini, kamu dapat simak selengkapnya di bawah ini.

Servis ringan (servis berkala)

Servis ringan sendiri adalah tindakan yang dilakukan untuk mengembalikan performa pada sepeda motor. Servis ringan biasanya akan lebih fokus ke bagian karburator dan komponen-komponen selain mesin, seperti suspensi, sistem penggerak, filter udara dan masing banyak lagi.

Biaya untuk servis ringan pada sepeda motor ini biasanya dibedakan dari jenis motor, tingkat kesulitan motor dan kapasitas mesinnya. Selain itu, biaya servis ringan sepeda motor juga akan berbeda tergantung dari bengkelnya, baik itu bengkel resmi ataupun bengkel umum. Umumnya, biaya servis ringan motor di bengkel resmi dan bengkel umum memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Servis besar

Sama seperti halnya servis ringan pada sepeda motor, servis berat juga dilakukan dengan tujuan untuk menjaga performa motor yang difokuskan pada mesin dan ruang bakar. Servis besar ini dilakukan dengan tindakan penyetelan, pembersihan dan penggantian komponen-komponen mesin khususnya di bagian ruang bakar.

Servis besar pada sepeda motor ini tindakan yang dilakukan seperti skir klep, penggantian sil klep, pembersihan kerak karbon di piston dan pembersihan kerak karbon disudut squishnya.

Melakukan servis besar ini tentunya akan sangat bermanfaat pada sepeda motor. Khususnya, pada sepeda motor yang memiliki usia lanjut atau motor tua.

Lalu, kapan sih waktu yang tepat dilakukan untuk melakukan servis besar pada sepeda motor?

Sebenarnya waktu yang tepat dilakukan untuk melakukan servis besar pada sepeda motor tidak dapat dijelaskan secara pasti. Namun, hal yang pasti untuk melakukan servis besar pada sepeda motor bisa di tandai dengan performa motor yang telah menurun.

Untuk biaya servis besar ini tentunya akan lebih mahal daripada biaya servis ringan. Karena, servis berat sepeda motor lebih sulit dan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan servis ringan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini