Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mendasar Mobil SUV dan MPV. Pasti Kamu Sulit Membedakan Ya?

Annisa Fadhilah
Jumat 01 September 2023, 10:47 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mendasar Mobil SUV dan MPV. Pasti Kamu Sulit Membedakan Ya? (FOTO: Otomurah.com)

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mendasar Mobil SUV dan MPV. Pasti Kamu Sulit Membedakan Ya? (FOTO: Otomurah.com)

LABVIRAL.COM - Dalam industri otomotif, munculnya berbagai jenis mobil terbaru seperti SUV dan MPV telah menggeliatkan dunia mobil sejak lama. Kini, kedua jenis mobil ini sedang populer di kalangan penggemar otomotif.

Namun, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara mobil SUV dan MPV.

Bagi kamu yang tidak memiliki pemahaman mendalam tentang dunia otomotif, mungkin melihat bahwa kedua jenis mobil ini serupa. Padahal, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya.

Baca Juga: Rekomendasi dan Harga Charger Aki Motor/Mobil, Solusi saat Aki Tekor

SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle. Sesuai dengan namanya, SUV merupakan jenis mobil yang memiliki ciri sporty. Ini terlihat dalam desain bodi mobil, kekuatan mesin dan kapasitas mesin yang disesuaikan dengan karakter mobil sport.

Di sisi lain, MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah jenis mobil yang dirancang untuk menjadi kendaraan keluarga. Sebagai mobil keluarga, desain bodi MPV lebih moderat daripada mobil sport. Desain dan kapasitas mesinnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan kendaraan keluarga.

Perbedaan antara SUV dan MPV sangat beragam, karena keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda pula. Apa saja perbedaan antara SUV dan MPV? Mari, simak penjelasan Labviral.com berikut.

Bentuk dan desain bodi

Perbedaan yang nyata antara kedua jenis mobil ini terlihat dari bentuk dan desain bodinya. Desain bodi mobil sport dan mobil keluarga memiliki perbedaan yang jelas, karena fungsi masing-masing mobil tersebut sangat berbeda.

SUV memiliki desain bodi yang tangguh dan maskulin, baik di bagian eksterior maupun interior. Ini disebabkan karena SUV dirancang sebagai mobil sport yang cocok untuk berbagai kondisi medan, termasuk jalan terjal dan curam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash

Rabu 30 Agustus 2023, 08:13 WIB
Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash
Berita Terkini