Cara Paling Ampuh Bikin Aki Motor Jadi Lebih Awet

Yowan R
Sabtu 02 September 2023, 05:18 WIB
Illustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor, aki merupakan salah satu komponen penting yang menyediakan arus listrik untuk mengaktifkan komponen elektrikal. Contohnya sebagai penyedia arus listrik pada elektrik starter, lampu-lampu, klakson, panel speedometer, serta beberapa komponen kelistrikan lainnya.

Terlebih pada sepeda motor injeksi yang hampir semua komponen yang berhubungan dengan injeksi memerlukan arus listrik dari aki karena menggunakan listrik dengan arus DC.

Mengingat pentingnya peran aki pada sepeda motor ini, maka para pemilik motor harus merawat aki agar pemakaiannya dapat maksimal serta umur aki juga jadi lebih awet.

Lalu, bagaimana cara bikin aki motor agar tetap awet?

1. Pastikan menggunakan aki bawaan motor

Agar aki motor tetap awet, pastikan untuk selalu menggunakan aki bawaan motor. Jika aki memang perlu diganti, maka pastikan untuk menggantinya sesuai dengan aki bawaan motor atau sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh motor tersebut. Usahakan untuk tidak mengubah-ubah merek atau spesifikasi aki jika aki memang harus diganti.

2. Hindari menggunakan starter elektrik di awal

Saat menyalakan motor di awal atau di pagi hari, pastikan untuk tidak menggunakan elektrik starter. Karena, posisi aki masih belum terisi arus listrik. Jika menyalakan motor di awal menggunakan elektrik starter, maka aki akan menjadi lebih cepat tekor.

3. Pastikan kunci kontak dalam kondisi off

Saat mesin motor dalam keadaan mati, pastikan kunci kontak selalu berada pada kondisi off. Sebab, kunci kontak yang on, otomatis arus listrik dari aki akan terus mengalir ke komponen yang membutuhkan arus listrik.

4. Panaskan motor tiap hari

Meskipun motor jarang digunakan bepergian, agar aki tetap awet sebaiknya panaskan motor setiap hari dengan rentang waktu maksimal 10 hingga 15 menit.

5. Hindari penggunaan aksesoris berlebihan

Agar aki tetap awet, hal lain yang bisa kamu lakukan adalah menghindari untuk menggunakan aksesoris berlebihan. Aksesoris yang dimaksud adalah aksesoris kelistrikan seperti lampu, klakson ganda, serta komponen lainnya.

Pemasangan aksesoris kelistrikan yang berlebihan tentu saja akan membebani kinerki aki motor. sehingga, aki akan menjadi lebih cepat soak.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini