Pemilik Motor Harus Tahu, Ini Arti Kode yang Tertulis di Botol Oli, Jangan Salah Baca!

Yowan R
Sabtu 02 September 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi kode pada botol oli sepeda motor (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi kode pada botol oli sepeda motor (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Oli mesin sepeda motor yang dijual di pasaran umumnya memiliki kode pada botol olinya, kode yang tertulis pada botol oli ini tersusun dari tulisan dan angka, seperti SAE 10W-40, 20W-50, 5W-40, 10W-30 dan masih banyak lagi.

Kode-kode yang tertulis di botol ini menunjukan spesifikasi dari oli tersebut. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu mengenai arti kode tersebut, meskipun sudah tahu jika kode tersebut menunjukan spesifikasinya.

Karena itu, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan informasi tentang arti kode pada botol oli motor agar para konsumen tidak salah dalam membeli oli yang cocok untuk mesin motor mereka.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada kemasan atau botol oli biasanya tertulis kode seperti SAE 10W-40. SAE sendiri merupakan kependekan dari Society of Automotive Engineer yang fungsinya menunjukkan indeks kekentalan oli.

Kode SAE tersebut menunjukan tingkat kekentalan pelumas saat temperatur dingin. Selanjutnya untuk angka di depan seperti 5W, 10W, 15W atau 20W berfungsi sebagai penunjuk kekentalan pelumas di temperatur dingin saat mesin baru dinyalakan.

Semakin angka yang ditunjukan sebelum huruf W berarti menunjukan jika pelumas semakin encer pada temperatur dingin. Contohnya, pelumas atau oli dengan kekentalan 5W-30 berarti pelumas tersebut akan lebih mampu mengalir daripada pelumas dengan kekentalan 10W-30 pada temperatur yang dingin.

Sementara itu, untuk kode dengan yang ditunjukan dengan angka di belakang huruf W berarti menunjukan tingkat kekentalan pelumas pada temperatur tinggi atau panas.

Semakin kecil angka di belakang huruf W, berarti akan semakin mudah mengalir dibandingkan dengan angka yang lebih besar. Contohnya, pelumas dengan spesifikasi 5W-30 akan lebih mudah mengalir dibandingkan dengan pelumas dengan spesifikasi 5W-40.

Nah, itulah tadi arti dari kode yang tertulis di botol kemasan oli motor. Setelah mengetahuinya, pastikan untuk tidak salah lagi memilih oli yang sesuai dengan karakter mesin.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Sabtu 25 Maret 2023, 17:02 WIB
4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor
Berita Terkini