Terungkap! Ini Alasan Motor Tak Boleh Pakai Standar Samping Lama-lama saat Parkir

Yowan R
Rabu 06 September 2023, 00:33 WIB
Ilustrasi standar tengah dan standar samping sepeda motor (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi standar tengah dan standar samping sepeda motor (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor memiliki dua standar yang digunakan untuk menopang motor saat parkir. Kedua standar tersebut adalah standar samping dan standar tengah. Dari kedua standar tersebut, standar samping menjadi standar yang paling sering digunakan karena lebih mudah dan simpel.

Menggunakan standar samping cukup menggunakan satu kaki. Sedangkan standar tengah, perlu sedikit effort karena harus mengangkat body motor sehingga butuh ekstra tenaga.

Idealnya, standar samping ini digunakan saat motor diparkir dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. contohnya saat parkir di minimarket atau parkir di suatu tempat yang aktivitasnya tidak memakan waktu yang lama.

Sayangnya, masih banyak pemilik motor yang menggunakan standar samping saat memarkir motor dalam waktu yang lama. Padahal standar samping yang terlalu sering digunakan saat parkir juga tidak baik. Terlebih jika saat menggunakan standar samping waktu parkir, motor sembari diduduki.

Efek samping yang biasanya terjadi saat motor terlalu sering menggunakan standar samping saat parkir adalah suspensi kiri menjadi lebih berat. Hal ini akan berpotensi merusak shock breaker karena terlalu sering menumpu pada satu sisi saja.

Selain itu, motor yang terlalu sering menggunakan standar samping juga akan memberikan efek pada ban motor. Ini karena ban depan maupun ban belakang hanya akan condong ke satu sisi dan harus menahan bobot berlebih, sehingga ban motor bisa lebih cepat gundul.

Karena itu, usahakan saat parkir motor gunakanlah standar tengah. Penggunaan standar tengah bisa membuat posisi motor lebih stabil karena ada dua kaki yang menopang motor di permukaan jalan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini