Perbandingan Rangka eSAF yang Lagi Viral dengan Rangka Underbone, Mana yang Lebih Unggul?

Yowan R
Kamis 07 September 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi rangka eSAF Honda (Sumber : AHM)

Ilustrasi rangka eSAF Honda (Sumber : AHM)

LABVIRAL.COM - Rangka eSAF yang digunakan pada skutik Honda, mendadak rami menjadi bahan perbincangan. Sebab, beberapa pemilik skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF ini mengalami kerusakan pada rangkanya, mulai dari karatan, keropos, bahkan patah.

Sebagai informasi, rangka eSAF yang digunakan pada skutik terbaru dari Honda ini merupakan terobosan baru yang bertujuan untuk meningkatkan performa skutik mereka.

Skutik Honda yang pertama kali menggunakan rangka model eSAF adalah Honda Genio yang dirilis pada tahun 2019 dan hingga saat ini rangka eSAF telah digunakan pada banyak model skutik Honda.

Sebelum adanya rangka eSAF, Honda membekali skutik buatan mereka dengan rangka underbone. Penggunaan rangka eSAF menggantikan rangka underbone ini tentunya memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah bobot skutik Honda yang kini menjadi lebih ringan.

Lalu, apa sih perbedaan dari rangka eSAF dan rangka underbone? Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti penjelasan selengkapnya dari Labviral.com di bawah ini:

1. Perbandingan dari segi bobot

Rangka eSAF memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan rangka underbone. Hal ini terjadi karena material yang digunakan antara kedua rangka ini berbeda. Selain itu, bobot dari rangka eSAF juga menjadi lebih ringan karena teknik pembuatan dan konstruksinya yang lebih simpel.

2. Perbandingan dari material

Dari segi material rangka eSAF dan rangka underbone ini jelas berbeda. Rangka eSAF terbuat dari plat baja yang ditekuk dan di-press kemudian di las menggunakan laser. Sementara itu, rangka underbone terbuat dari pipa yang disatukan menggunakan metode pengelasan dengan tambahan banyak komponen.

3. Perbandingan dari segi kekuatan

Rangka eSAF juga diklaim memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan rangka underbone. Meskipun ingan, daya tahannya kuat karena menggunakan bahan baja. Rangka ini disatukan menggunakan alat las laser yang kabarnya mampu meminimalisir deformasi atau perubahan bentuk. Rangka eSAF juga diproduksi dengan waktu yang lebih singkat dibanding rangka underbone.

4. Perbandingan dari besar bagasi dan dudukan tangki

Rangka eSAF diklaim mampu memberikan ruang yang lebih efisien dibandingkan dengan rangka underbone. Ruang yang lebih efisien ini dapat dimanfaatkan sebagai bagasi motor yang lebih luas dan memberikan tangki bahan bakar yang lebih besar.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini