Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Tanda Segitiga Kecil di Sisi Ban Motor

Yowan R
Sabtu 09 September 2023, 15:36 WIB
Ilustrasi tanda segitiga kecil yang menunjukan TWI ban motor (Sumber : youtube.com/DSM Project)

Ilustrasi tanda segitiga kecil yang menunjukan TWI ban motor (Sumber : youtube.com/DSM Project)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor, ban merupakan satu-satunya komponen penting yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Karena itu, ban motor harus selalu dalam kondisi yang maksimal demi keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Salah satu cara untuk mengecek kondisi ban motor, biasanya para pemilik motor hanya melihat dari alur bannya, apakah ban masih tebal dengan alur yang masih dalam atau sudah habis alias botak.

Padahal cara tersebut tidak efektif atau kurang presisi untuk mengetahui apakah ban motor masih layak digunakan atau tidak. Cara terbaik untuk mengetahui apakah ban masih layak atau tidak untuk digunakan dapat dilakukan dengan melihat segitiga kecil yang berada di sisi ban.

Sebagai informasi, tanda segitiga kecil yang berada di samping ban ini bernama TWI (Tread Wear Indicator). Tanda inilah yang seharusnya digunakan sebagai patokan untuk mengetahui kelayakan pada ban motor.

Segitiga kecil atau TWI ini berfungsi sebagai tanda batas aman. Batas aman tersebut menandakan ban sudah aus jika ban motor sudah menyentuh tanda dari segitiga kecil yang ada pada dinding ban motor.

Jika ditarik garis lurus, dari tanda segitiga di sisi ban ke arah alur ban akan terlihat semacam benjolan kecil yang berada di atasnya. Jika benjolan kecil ini sudah rata, artinya ban motor sudah aus dan sudah harus diganti dengan ban yang baru.

Sebab, ban yang sudah aus akan mengganggu kinerja motor, seperti motor menjadi sulit bermanuver, ban licin, sehingga membahayakan pengendara.

Itulah tadi arti tanda segitiga yang terdapat pada dinding ban motor. Setelah mengetahui apa itu segitiga kecil, mulai saat ini sebaiknya mengecek kelayakan ban melalui tanda tersebut. Hindari mengecek kelayakan ban dengan melihat alur ban.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini