Pelaku Curanmor Beberkan Mudahnya Curi Motor, Motor Dikunci Setang Kanan Masih Enteng Dicuri

Annisa Fadhilah
Selasa 12 September 2023, 14:45 WIB
Pelaku Curanmor Beberkan Mudahnya Curi Motor, Motor Dikunci Setang Kanan Masih Enteng Dicuri (FOTO: Freepik/jcomp)

Pelaku Curanmor Beberkan Mudahnya Curi Motor, Motor Dikunci Setang Kanan Masih Enteng Dicuri (FOTO: Freepik/jcomp)

LABVIRAL.COM - Tingkat kriminalitas di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, tergolong cukup tinggi. Hal ini dapat dihubungkan dengan jumlah penduduk yang besar di kota ini dan kenyataan bahwa tidak semua warga dapat memperoleh pekerjaan, menjadi faktor pemicu utama terjadinya kejahatan.

Salah satu jenis tindak kriminal yang sering terjadi adalah pencurian sepeda motor. Seringkali, kejadian ini terjadi di area parkir terbuka, dimana pemilik kendaraan roda dua kehilangan motornya.

Pelaku tindak pencurian juga seringkali memanfaatkan situasi ketika pengendara lengah, misalnya saat motor berhenti di pinggir jalan tanpa mencabut kunci.

Untuk mencegah kejahatan ini, ada informasi yang beredar menyebutkan bahwa memutar kunci stang motor ke arah kanan lebih aman dan dapat mencegah upaya pencurian motor.

Hal ini dikarenakan ruang gerak untuk membuka kontak motor dengan kunci T akan menjadi lebih terbatas dan sulit. Dengan demikian, para pelaku pencurian akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka kunci. Pertanyaannya, apakah informasi ini memang benar?

Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama, telah memposting sebuah video di akun Instagram @humas_polsek_tambora. Dalam video tersebut, ia secara langsung menanyakan hal ini kepada seorang residivis dalam kasus pencurian motor atau biasa disebut curanmor untuk memastikan kebenaran dari saran tersebut.

Awalnya, Putra menanyakan motor apa yang mudah hingga sering menjadi sasaran residivis tersebut.

"Kalau motor yang sering dicuri itu motor Vario, Scoopy, sama BeAT, Pak," kata Si Residivis dikutip Labviral.com pada Selasa, (12/9/2023) dari unggahan @humas_polsek_tambora.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini