Penyebab Stang Motor Terasa Kaku dan Berat Saat Dikendarai

Yowan R
Selasa 12 September 2023, 19:34 WIB
Stang motor terasa kaku dan berat saat dikendarai (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

Stang motor terasa kaku dan berat saat dikendarai (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

LABVIRAL.COM - Para pengendara sepeda motor, tak sedikit yang mengeluhkan jika stang motornya terasa kaku dan berat saat dikendarai. Jika motor terasa kaku dan berat saat dikendarai dan masih dipaksakan, tentunya sangat berisiko karena dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Stang motor yang terasa kaku dan berat saat dikendarai ini dapat terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya kendaraan tersebut pernah jatuh atau sering melibas jalan berlubang. Namun untuk memastikan penyebabnya kita harus mengeceknya satu persatu karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi motor bisa seperti itu.

Nah, untuk apa saja penyebab terjadinya stang motor terasa kaku dan berat saat dikendarai, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mengangkut beban yang berlebihan

Salah satu penyebab stang motor menjadi terasa kaku dan berat adalah beban yang terlalu berat pada bagian depan motor. Beban berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti menumpuk barang berat di bagian depan atau memasang aksesori yang terlalu berat di bagian depan motor.

2. Ban motor kempes

Ban motor yang kempes atau tidak terisi penuh juga membuat stang motor terasa kaku dan berat saat dikendarai. Ban kempes bisa disebabkan oleh tekanan udara yang tidak mencukupi atau adanya kerusakan pada ban, seperti paku atau benda tajam lainnya yang menancap di ban.

3. Kerusakan suspensi

Kerusakan pada sistem suspensi juga menjadi penyebab stang motor terasa kaku dan berat saat dikendarai. Suspensi yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat stang motor terasa lebih berat dan membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara.

4. Rantai Terlalu Kencang

Rantai yang terlalu kencang juga bisa membuat stang motor terasa berat saat dikemudikan. Rantai yang terlalu kencang bisa menyebabkan gaya gesekan yang lebih besar pada roda depan dan membuat stang terasa lebih berat.

5. Stang Bengkok

Stang motor yang bengkok bisa membuat stang terasa berat saat dikemudikan. Hal ini bisa terjadi jika motor pernah terlibat dalam kecelakaan atau terjatuh. Stang yang bengkok bisa membuat motor menjadi tidak stabil dan sulit untuk dikemudikan.

6. Komstir rusak

Penyebab terakhir yang membuat stang motor terasa kaku dan berat adalah komstir motor yang mengalami kerusakan. Selain membuat stang terasa kaku dan berat, komstir yang rusak juga membuat motor tidak stabil dan sulit dikendarai.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Tips Handling Stang Motor yang Benar

Selasa 28 Maret 2023, 11:09 WIB
Tips Handling Stang Motor yang Benar
Berita Terkini