Suzuki RGR 150 Generasi Pertama, Motor 2-Tak dengan Power yang Tembus 24,2 dk

Yowan R
Rabu 13 September 2023, 09:48 WIB
Ilustrasi Suzuki RGR 150 generasi pertama (Sumber : youtube.com/Dian Novtani)

Ilustrasi Suzuki RGR 150 generasi pertama (Sumber : youtube.com/Dian Novtani)

LABVIRAL.COM - Suzuki RGR 150 merupakan salah satu motor sport dengan mesin 2-tak yang sempat menjadi idaman di kalangan anak muda tahun 1990-an.

Pada awal kemunculannya, Suzuki RGR 150 ini hadir dengan konsep motor sport fairing yang pada saat ini masih belum banyak bermunculan motor sport dengan konsep yang sama.

Dari tampilannya, Suzuki RGR 150 generasi pertama ini memiliki bentuk bodi yang masih kental dengan nuansa kotak dengan bodi belakang yang memiliki gari desain mirip dengan motor bebek Suzuki Sprinter.

Karen memiliki desain yang mirip dengan Suzuki Sprinter inilah yang membuat Suzuki RGR 150 juga sering dijuluki sebagai RGR Sprinter.

Fairing yang digunakan pada Suzuki RGR 150 generasi pertama ini juga cukup unik. Sebab, fairing yang digunakan masih belum full menutupi hingga bagian bawah mesin. Fairingnya hanya dari headlamp hingga ke bagian bawah tangki tau shroud. Untuk di bagian bawahnya, Suzuki RGR 150 menggunakan undercowl sebagai penutup mesin bagian bawah.

Meskipun belum menggunakan fairing yang full dari atas ke bawah, namun untuk tampilan dari Suzuki RGR 150 ini sudah cukup racing pada zamannya. Terlebih tampilang tersebut juga didukung dengan mesin yang cukup powerfull.

Mesin yang digunakan pada Suzuki RGR 150 ini adalah mesin 2-tak yang berkapasitas 147 cc, dengan bore x stroke 59,0 x 54,0 mm yang menghasilkan perbandingan kompresi 7,0:1. Untuk sistem pendinginnya belum menggunakan model cairan, mesin ini masih menggunakan pendingin udara.

Mesin tersebut disuplai dengan bahan bakar yang dikabutkan oleh karburator berukuran 26mm dari Mikuni VM26SS. Dengan spesifikasinya tersebut, RGR 150 ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 24,2 dk di 10.000 rpm dengan torsi puncak 17,2 Nm di 8.500 rpm.

Untuk memaksimalkan performanya, mesin RGR 150 generasi pertama ini juga dilengkapi oleh Suzuki Intake Pulse Control (SIPC), berupa selang melingkar yang terpasang di intake manifold.

Fungsinya menyimpan sementara campuran bahan bakar dan udara yang belum tersedot ke ruang crankcase, mirip tabung YEIS di Yamaha.

Mesin RGR 150 juga dibekali Single Axle Counter Balancer (SACB), sehingga diklaim lebih bertenaga di putaran tinggi sekaligus minim getaran.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini