Akhirnya Terungkap, Ternyata Ini Fungsi Penting dari Selang Kecil di CVT Motor Matic

Yowan R
Kamis 14 September 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi selang kecil di CVT motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi selang kecil di CVT motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Selang kecil yang posisinya ada di dekat CVT Motor Matic ini ternyata bukan hanya sebatas aksesoris saja. Selang kecil yang berbentuk melengkung dengan ujungnya yang menutup, sehingga mirip kantung rupanya memiliki fungsi yang cukup penting.

Fungsinya selang kecil ini menampung berfungsi untuk menampung aliran endapan air yang mungkin bisa masuk ke CVT. Selain menampung air, selang kecil ini juga berfungsi untuk mencegah air atau genangan dari luar yang terciprat tidak sampai masuk ke dalam CVT.

Nah, itulah tadi fungsi penting dari selang kecil yang ada di CVT motor matic. Mengingat pentingnya fungsi tersebut, para pemilik sepeda motor matic ini perlu melakukan perawatan selang kecil motor tersebut ini.

Perawatan pada selang kecil motor matic ini dapat dilakukan dengan cara pengecekan rutin setiap enam bulan sekali. Perawatan ini dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawa motor ke bengkel.

Untuk melakukan perawatan pada selang kecil ini cara yang paling mudah ini adalah melepas tutup selang kecilnya sembari menyalakan mesinnya dan gas dibuka sedikit selama kurang lebih 10 detik. Kemudian, matikan kembali mesin dan pasang kembali penutup selangnya.

Perawatan pada selang kecil di CVT motor matic ini jika dilakukan sendiri dirumah, tentunya sangat menghemat ongkos. Sebab, caranya pun tidak terlalu sulit.

Jika pada motor matic kalian tidak ada penutup selang kecil yang ada di bawah motor matic ini, pastikan untuk memasangnya kembali demi menjaga keamanan komponen CVT motor matic kalian***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini