Motor Matik Bekas Sering Slip saat Menanjak, Apa Masalahnya?

Yowan R
Kamis 14 September 2023, 20:57 WIB
Illustrasi servis CVT motor matic saat terasa slip di tanjakan (Sumber : wahanahonda.com)

Illustrasi servis CVT motor matic saat terasa slip di tanjakan (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Beberapa sepeda motor matic mengalami masalah dimana terasa slip saat menghadapi jalan tanjakan. Saat motor matic menemui masalah tersebut, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Hal pertama yang membuat sepeda motor matic ini terasa slip ini berasal dari v-belt motor matic yang mengalami kerusakan, seperti v-belt retak-retak atau getas. Selain v-belt yang sudah rusak, motor terasa selip di tanjakan juga dapat terjadi karena v-belt yang kotor.

Penyebab lain motor matic yang terasa slip ditanjakan adalah kampas ganda yang sudah mulai tipis atau aus, atau dapat juga terjadi karena mangkok kampas ganda yang sudah peyang.

Semua masalah tersebut, biasanya dialami pada sepeda motor matic yang sudah mulai berumur. Untuk mencegahnya, para pemilik sepeda motor matic wajib melakukan perawatan rutin pada komponen CVT motor matic.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi motor matic yang terasa slip di tanjakan?

Untuk mengatasi motor matic yang slip di tanjakan tentunya harus melakukan pembongkaran di bagian CVTnya untuk memastikan penyebabnya.

Jika penyebabnya berasal dari v-belt yang sudah mulai rusak, maka diperlukan untuk penggantian v-beltnya dengan yang baru. Begitu juga jika permasalahannya berasal dari kampas ganda yang aus atau rumah kampas ganda yang peyang, maka komponen tersebut juga harus diganti.

Namun, jika penyebabnya hanya berasal dari komponen CVT yang kotor, maka hanya perlu membersihkan komponen tersebut.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini