Penyebab Ban Motor Bagian Depan Lebih Awet Dibanding Belakang

Yowan R
Jumat 15 September 2023, 15:37 WIB
Ilustrasi ban depan sepeda motor (Sumber : freepik)

Ilustrasi ban depan sepeda motor (Sumber : freepik)

LABVIRAL.COM - Seiring dengan pemakaiannya, ban sepeda motor yang terbuat dari bahan dasar karet pasti akan mengalami keausan. Saat ban motor sudah mengalami keausan, tentunya para pemilik sepeda motor harus menggantinya agar keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara tidak terganggu.

Tapi, pernahkan kalian sadari jika ban sepeda motor ini akan lebih awet ban depannya daripada ban belakang. Bahkan perbandingan pemakaiannya ini bisa dikatakan dua banding satu. Dua kali penggantian ban belakang satu kali penggantian ban depan.

Lalu, kenapa sih ban depan sepeda motor ini bisa lebih awet daripada ban belakangnya? Agar tidak penasaran, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Ban depan sepeda motor yang lebih awet ini terjadi karena bebannya tidak terlalu berat seperti beban pada ban belakang. Sementara itu, ban belakang lebih cepat aus karena memiliki beban kerja yang jauh lebih berat dibandingkan ban depan.

Selain itu, ban belakang juga menopang beban kendaraan sehingga permukaannya jadi lebih cepat aus. Meskipun kedua ban ini terlihat memiliki beban yang seimbang, tapi ban belakang memiliki beban yang jauh lebih berat.

Tapi, untuk penggantian ban motor untuk ban depan dan ban belakang ini memiliki interval perbandingan yang berbeda. Hal ini terjadi karena gaya berkendara, bobor dari pengendara dan muatannya yang dibawa. Selain itu, aspek lain yang mempengaruhi keausan ban ini adalah medan jalan yang ditempuh dalam sehari-hari.

Nah itulah tadi yang menyebabkan ban depan sepeda motor jauh lebih awet daripada ban belakangnya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini