Tips dan Trik Beli Jaket yang Aman untuk Para Pengendara Motor

Yowan R
Senin 18 September 2023, 15:25 WIB
Ilutrasi jaket motor aman dan bagus Dr.DR (Sumber : Jaket motor aman dan bagus Dr.DR)

Ilutrasi jaket motor aman dan bagus Dr.DR (Sumber : Jaket motor aman dan bagus Dr.DR)

LABVIRAL.COM - Mengendarai sepeda motor memang menjadi salah satu hal yang mengasyikan dan seru, terlebih jika kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan teman untuk menempuh perjalanan jauh, atau yang biasa disebut dengan touring.

Meskipun mengasyikan, touring menggunakan sepeda motor juga memiliki cukup banyak kekurangan, karena pengendara motor akan kehujanan, kepanasan dan terkena hembusan angin saat berkendara. Karena itu, sebaiknya para pengendara motor menggunakan jaket yang sesuai untuk melindungi tubuh dari angin saat berkendara.

Selain berperan untuk melindungi angin saat berkendara, jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan ataupun saat kondisi darurat. Satu hal penting lainnya dari jaket adalah membuat tampilan pengendara motor jadi lebih kece.

Sayangnya, masih banyak para pengendara sepeda motor yang tidak tahu mana jaket yang sesuai untuk digunakan berkendara, mereka lebih mementingkan segi tampilannya saja, namun tidak memperhatikan dari aspek safety yang diberikan jaket tersebut

Karena itu, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan beberapa tips untuk memilih jaket bagi pengendara motor yang aman. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Tips memilih jaket pengendara motor

Jaket yang cocok bagi para pengendara motor adalah jaket yang mampu menjaga kesehatan dan keselamatan, saat pengendara motor berkendara.

1. Pilih jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih jaket bagi pengendara motor adalah memilih jaket motor yang sesuai dengan ukuran tubuh si pengendara. Hal ini bertujuan agar jaket motor yang digunakan tidak mengganggu konsentrasi, memberikan kenyamanan, dan meningkatkan kepercayaan diri kita ketika berkendara.

Selain itu jaket motor yang sesuai dengan ukuran badan kita tentu dapat melindungi tubuh kita dengan maksimal apabila terjadi kecelakaan.

2. Pilih jaket sesuai dengan kebutuhan

Jaket yang cocok bagi pengendara motor tidak boleh asal pilih, karena setiap jaket memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Karena itu, para pengendara motor harus menentukan terlebih dahulu jaket motor seperti apa yang akan digunakan untuk perjalanan touring jauh, atau hanya sekedar daily seperti ke kantor.

Untuk jaket touring, umumnya terbuat dari bahan yang tebal sehingga dapat membantu menghalang angin ketika berkendara dalam jarak yang jauh dan waktu yang lama, sedangkan jaket motor untuk pemakaian harian diutamakan cukup memberikan kenyamanan  saat berkendara dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

3. Pastikan memilih jaket yang tidak memiliki banyak tali

Saat ini model bagi pengendara motor memang sudah sangat beragam mengikuti trend dan perkembangan zaman, namun terkadang saat mengikuti trend, pengendara motor justru mengesampingkan fungsi utama dari jaket motor tersebut, sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

Karena itu, pastikan untuk memilih jaket motor yang tidak memiliki terlalu banyak tali, hal ini bertujuan agar saat berkendara tali tersebut tidak tersangkut, karena hal ini akan membahayakan diri si pengendara motor, jika tiba-tiba tali tersebut tersangkut ke kendara lain, atau ban motor.

4. Pilih jaket yang menutupi bagian leher, pinggul, serta pergelangan tangan

Saat memilih jaket bagi pengendara motor, pastikan untuk mementingkan fungsi utamanya terlebih dahulu dibandingkan modelnya, pastikan untuk memilih jaket yang menutupi bagian leher, pinggul dan pergelangan tangan. Karena hal ini dapat meminimalisir risiko cedera ketika kecelakaan.

5. Pilih jaket dengan bahan yang tepat

Bahan dasar jaket juga menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat memilih jaket untuk mengendarai motor. Para pengendara harus memilih bahan dasar jaket yang tepat sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Untuk saat ini, umumnya jaket yang cocok bagi pengendara motor ini terbuat dari bahan dasar seperti kulit, nilon dan poliester. ***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini