Lampu Hijau di Speedometer Honda BeAT Menyala Kadang Terang Kadang Redup, Apa Artinya?

Yowan R
Senin 18 September 2023, 17:42 WIB
Ilustrasi lampu hijau Eco Indikator pada Honda BeAT (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi lampu hijau Eco Indikator pada Honda BeAT (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Honda BeAT, motor matic yang memiliki julukan sebagai motor sejuta umat ini, untuk edisi terbarunya telah dibekali dengan fitur-fitur unggulan seperti lampu berwarna hijau di panel indikatornya.

Lampu hijau dengan bertuliskan ‘ECO’ yang terdapat pada panel indikator di Honda BeAT ini bernama Eco Indicator. Selain ada pada Honda BeAT, Eco Indicator ini juga terdapat pada skutik Honda lainnya, seperti Honda Genio, dan Honda Scoopy.

Eco Indicator pada Honda BeAT dan skutik Honda lainnya ini berfungsi untuk memandu pengendara mengendarai motor secara efisien. Untuk cara kerja dari Eco Indicator pada skutik Honda ini adalah membaca speed sensor yang dikombinasikan dengan pemakaian bensin di injektor yang telah diatur oleh ECM.

Dari dua informasi yang didapat ini, kemudian akan diteruskan dalam bentuk sorot lampu kecil berwarna hijau yang bisa mati dan nyala. Bahkan, tak jarang juga lampu hijau pada Eco Indicator ini akan menyala tapi redup.

Lalu, apa arti sebenarnya dari lampu indikator hijau pada Eco Indikator yang menyala kadang terang dan redup ini?

Ya, lampu hijau pada Eco Indicator skutik Honda ini, sebenarnya memiliki tiga mode, yaitu mati, menyala terang dan menyala redup. Saat lampu indikator ini mati, berarti kecepatan motor adalah kurang dari 3 km/jam atau lebih dari 67 km/jam.

Namun, tidak selamanya indikator hijau ini mati berarti motor dalam kecepatan tersebut. Namun, bisa juga karena speed sensor rusak dan saat quick open throttle atau gas dibuka secara brutal.

Nah, pada saat lampu indikator hijau ini mati, berarti konsumsi bahan bakar pada skutik Honda ini ada di kisaran 34 km/liter. Konsumsi bahan bakar tersebut tidak bisa dikatakan hemat. Karena memang motor dalam kondisi melaju diatas 67 km/jam.

Kemudian saat indikator menyala terang, berarti skutik Honda ini tengah melaku dengan kecepatan antara 3 km/jam hingga 67 km/jam. Dalam kondisi ini, konsumsi bahan bakar skutik Honda diklaim bisa lebih dari 63 km/liter.

Untuk lampu indikator yang menyala redup, artinya skutik Honda tengah melaju dengan kecepatan 3 km/jam hingga 67 km/jam, sama seperti saat lampu indikator menyala terang. Hanya saja, bukaan gasnya sedang.

Saat skutik Honda lampu Eco Indikatornya menyala redup, berarti motor tengah mengkonsumsi bahan bakar dengan perkiraan sekitar 34-63 km/liter.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini