Kunci Kontak Sepeda Motor Cepat Longgar? Simak Baik-baik Ini Penyebabnya

Yowan R
Selasa 19 September 2023, 19:57 WIB
Ilustrasi kunci kontak sepeda motor macet pada rumah kunci (Sumber : hondacommunity.net)

Ilustrasi kunci kontak sepeda motor macet pada rumah kunci (Sumber : hondacommunity.net)

LABVIRAL.COM - Kunci kontak sepeda motor yang longgar ini ternyata tidak hanya disebabkan oleh faktor umur saja. Sebab, ada beberapa faktor lain yang menjadikan kunci kontak sepeda motor cepat longgar dan sering terlepas sendiri meskipun dalam kondisi terpasang.

Kunci kontak yang sudah longgar tentunya akan sangat membuat pengguna sepeda motor kerepotan. Sebab, bukan tidak mungkin kunci kontak bisa jatuh di jalan dan bikin motor menjadi mudah dicuri.

Agar kunci kontak sepeda motor ini tidak cepat longgar, tentunya para pemilik sepeda motor harus rutin melakukan perawatan pada kunci kontak. Selain agar tidak cepat longgar, perawatan pada kunci kontak berguna untuk membuat kunci kontak motor tetap berfungsi normal.

Kunci kontak motor, seiring dengan pemakaiannya akan membuat bagian rumah kontak bisa kotor dan berkarat. Jika hal ini terjadi, maka mekanisme di dalam rumah kontak akan terganggu dan menjadi cepat aus.

Penyebab lain yang membuat kunci kontak sepeda motor menjadi cepat aus adalah sering memasukan kunci motor lain ke lubang kunci kontak yang bukan pasangannya. Terlebih jika kunci tersebut tetap dipaksakan untuk diputar.

Kunci kontak sepeda motor yang cepat aus juga dapat terjadi karena cover kunci kontak yang sering dibiarkan dalam kondisi terbuka saat motor diparkir atau saat dicuci. Hal ini akan membuat air dan kotoran lain lebih cepat masuk kedalam lubang di rumah kunci.

Nah, agar kunci kontak motor tetap awet, para pemilik sepeda motor harus menghindari beberapa hal yang menyebabkan kerusakan kunci kontak seperti yang sudah disebutkan diatas.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

4 Cara Cepat Tangani Kunci Motor Hilang

Rabu 22 Maret 2023, 15:25 WIB
4 Cara Cepat Tangani Kunci Motor Hilang
Berita Terkini