Cara Aman Saat Melewati Polisi Tidur bagi Pemotor Pemula

Yowan R
Selasa 19 September 2023, 21:21 WIB
Ilustrasi polisi tidur (Sumber : via mojok.)

Ilustrasi polisi tidur (Sumber : via mojok.)

LABVIRAL.COM - Saat melewati polisi tidur atau speed trap, para pengendara sepeda motor harus melakukannya secara berhati-hati. Sebab, saat melewati polisi tidur, jika tidak hati-hati para pengendara motor bisa terjatuh.

Umumnya, polisi tidur ini ditempatkan di jalanan yang ramai atau di lokasi tertentu yang dianggap sebagai lokasi yang rawan. Lokasi-lokasi yang biasanya terdapat polisi tidur ini seperti jalan zona sekolah, zebra cross untuk pejalan kaki menyebrang ataupun jalan-jalan di daerah yang padat penduduk.

Bagi para pengendara motor khususnya para pemula, untuk melewati polisi tidur ada beberapa tips sendiri melakukannya.

Apa saja tips tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Perhatikan tanda-tanda polisi tidur

Para pengendara motor yang melewati jalan dengan polisi tidur, pastikan untuk mengenali tanda-tandanya, sehingga dapat mengantisipasinya dari kejauhan. Tanda-tanda tersebut dapat berupa papan tanda berwarna kuning atau lambang polisi tidur yang terbuat dari cat putih atau kuning di permukaan jalan. Saat melewati tanda-tanda tersebut, kamu cukup berhati-hati dan siapkan diri saat menghadapi polisi tidur.

2. Kurangi kecepatan

Saat kamu mengendarai sepeda motor dan mulai mendekati polisi tidur, mulailah untuk melambatkan kecepatan kendaraan. Kurangi kecepatan motor secara perlahan dan pastikan untuk tidak mengerem secara mendadak.

Sebab, saat mengerem motor secara mendadak, maka kamu dapat menyebabkan roda motor menjadi terkunci dan membuat motor menjadi tidak stabil. Saat melakukan pengereman, pastikan untuk menggunakan rem depan dan belakang secara halus.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai pengendara motor pemula saat melewati polisi tidur.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini