Jas Hujanmu Suka Bau Apek dan Berjamur, Ternyata Ini Penyebabnya

Yowan R
Rabu 20 September 2023, 11:01 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Bagi para pengendara sepeda motor, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa, terlebih di musim-musim yang tidak menentu seperti sekarang ini. Sebab, hujan bisa saja turun sewaktu-waktu tanpa tanda-tanda yang jelas.

Setelah jas hujan digunakan, umumnya para pengendara motor akan langsung melipatnya dan menaruhnya kembali di dalam jok motor mereka. Padahal cara menyimpan jas hujan seperti ini akan membuat jas hujan menjadi berbau apek dan berjamur. Sehingga, jas hujan menjadi kurang nyaman saat digunakan kembali.

Karena itu, para pengendara sepeda motor seharusnya tahu bagaimana cara untuk menyimpan jas hujan setelah digunakan agar tidak bau apek dan berjamur. Penasaran seperti apa caranya? simak tips selengkapnya berikut ini.

Cara menyimpan jas hujan setelah digunakan

Setelah jas hujan selesai digunakan, sebaiknya langsung digantung dengan hanger, atau kamu juga bisa membilas terlebih dahulu jas hujan dengan air bersih. Sebab, air hujan bersifat asam yang berpotensi untuk membuat jas hujan menjadi semakin tipis dan cepat sobek.

Membilas jas hujan juga berguna untuk membuat kotoran dan debu yang menempel hilang. Setelah jas hujan bersih, gantungkan jas hujan dengan hanger di tempat yang sejuk.

Jika ingin menjemur jas hujan agar cepat kering. Sangat disarankan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sebab, jas hujan yang terkena paparan sinar matahari langsung dalam kondisi basah dapat merusak lapisan luar jas hujan, sehingga membuat jas hujan menjadi mudah robek.

Cara paling tepat untuk mengeringkan jas hujan yang basah adalah mengangin-anginkan jas hujan saja. Setelah jas hujan kering, kamu dapat melipatnya kembali dan memasukan jas hujan ke dalam tempatnya atau dimasukan ke jok motor.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyimpan jas hujan agar tidak bau apek dan berjamur. Meskipun cara tersebut cukup mudah dilakukan, namun masih banyak para pengendara motor yang belum mengetahui caranya. Sehingga jas hujan mereka menjadi berbau apek, berjamur dan mudah rusak.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini