Tips Ampuh Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan, Dijamin Anti Licin

Yowan R
Rabu 20 September 2023, 15:06 WIB
Ilustrasi ban motor yang cocok digunakan di musim hujan (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi ban motor yang cocok digunakan di musim hujan (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat musim penghujan, jalanan otomatis akan berubah menjadi lebih licin. Karena itu, para pengendara motor harus lebih berhati-hati saat mengendarai sepeda motor.

Selain harus lebih berhati-hati saat berkendara, para pengendara motor juga harus lebih teliti dan sigap di jalanan yang licin. Selain itu, penggunaan ban motor juga perlu diperhatikan.

Pastikan untuk memilih ban motor yang cocok digunakan di jalanan yang licin akibat hujan, agar keselataman pengendara lebih terjamin karena ban lebih mampu mencengkram aspal sehingga tidak mudah tergelincir.

Memilih ban yang tidak licin saat hujan, bisa dibilang perkara mudah. Salah satunya dengan mengetahui merek ban motor yang tepat. Lalu saat menghadapi musim hujan, sebaiknya pilih ban motor yang memiliki alur cukup banyak. Alur ini akan berfungsi untuk mempermudah air untuk mengalir melewati sela-sela ban.

Pastikan juga untuk tidak menggunakan ban dengan jenis kembangan khusus di jalan kering, seperti kembangan yang minimalis, ban semi-slick atau malah ban slick (ban balap). Baik itu model tube type (dengan ban dalam) atau tubeless (tanpa ban dalam).

Ban jenis ini tidak memiliki banyak alur ban yang membuatnya tidak disarankan untuk melewati jalanan basah karena daya cengkamnnya yang tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena air tidak bisa terempas dengan baik di bawah ban. Akibatnya, ban bisa mengalami selip yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Perhatikan juga bagian permukaan ban, karena umumnya setiap ban tertulis kegunaan di kondisi yang seperti apa misalnya, seperti wet (basah), dry (kering), atau wet & dry (basah dan kering).

Saat menghadapi musim hujan, ban yang bisa digunakan adalah ban tipe wet. Atau, jika tidak ingin gonta-ganti ban dalam waktu yang lama, gunakanlah ban motor untuk segala musim atau tipe ban wet & dry.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini