Cara Mencari Nomor Seri Kendaraan Bermotor di STNK dengan Mudah

Yowan R
Jumat 22 September 2023, 14:50 WIB
Ilustrasi nomor seri kendaraan di STNK (Sumber : pemerintahkota.com)

Ilustrasi nomor seri kendaraan di STNK (Sumber : pemerintahkota.com)

LABVIRAL.COM - Surat tanda nomor kendaraan (STNK) merupakan surat wajib yang harus ada di semua kendaraan bermotor. STNK ini wajib dibawa setiap melakukan perjalanan menggunakan kendaraan.

Dalam STNK sendiri, terdapat berbagai informasi penting untuk mengidentifikasi kendaraan, contohnya nomor registrasi, nama pemilik, hingga nomor seri motor. Letak nomor seri motor sendiri seringkali tidak diketahui orang banyak. Sebab, penyajian bentuknya tidak terlihat secara eksplisit sehingga orang bingung.

Padahal, nomor seri ini seringkali dibutuhkan untuk keperluan administrasi kendaraan. Sebagai informasi, nomor seri STNK ini bukanlah nomor yang tertera pada plat kendaraan.

Nomor seri STNK merupakan serial angka yang tercetak di STNK dan merupakan bukti otentik kepemilikan atas kendaraan bermotor. Nomor seri STNK ini sering dijadikan sebagai acuan untuk data-data di dalam STNK. Tanpa nomor seri di STNK, kendaraan dapat dianggap sebagai kendaraan bodong.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui letak nomor seri motor di STNK?

Nah, untuk mengetahui dimana letak nomor seri di STNK motor, tentu saja kamu harus menyiapkan STNK terlebih dahulu. STNK sendiri terdiri dari dua lembar surat, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) dan Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran Pajak dan Jasa Raharja.

Untuk posisi nomor seri motor di STNK sendiri berada di bagian atas, di bawah kop Kepolisian Negara Republik Indonesia. Nomor seri ini bentuknya berupa deretan angka bertinta hitam tebal dengan efek berwarna merah muda. Isinya terdiri dari delapan angka, dengan kode dan tahun pengesahan STNK.

Selain bisa dilihat dari STNKnya, nomor seri motor juga dapat dilihat secara online melalui situs resmi e-Samsat sesuai dengan wilayah motor tersebut terdaftar. Sebab, setiap e-Samsat di semua daerah memiliki alamat website yang berbeda-beda sehingga harus di cek terlebih dahulu. Umumnya, setelah mengakses alamat tersebut, kamu hanya perlu menginputkan plat nomor kendaraan dan data-data STNK kendaraan bermotor akan muncul.

Meskipun terlihat acak, sebenarnya nomor seri motor di STNK menunjukan klasifikasi kendaraan sebagai berikut:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini