Tips Aman Naik Motor Pakai Helm Tanpa Kaca yang Harus Kamu Coba!

Yowan R
Sabtu 23 September 2023, 09:47 WIB
Ilustrasi penggunaan helm tanpa kaca dengan kacamata goggle (Sumber : pexels.com)

Ilustrasi penggunaan helm tanpa kaca dengan kacamata goggle (Sumber : pexels.com)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini ramai penggunaan helm tanpa kaca atau visor seperti helm-helm model retro. Penggunaan helm tanpa kaca atau visor ini bertujuan untuk menghadirkan penampilan klasik atau vintage saat mengendarai sepeda motor.

Meskipun demikian, penggunaan helm tanpa kaca ini kurang direkomendasikan. Sebab, helm tanpa kaca akan mengurangi tingkat keselamatan bagi pengendara motor sendiri.

Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan helm tanpa kaca, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, agar keselamatan pengendara tetap terjamin.

Saat kamu menggunakan helm tanpa kaca, sebaiknya tambahkan penggunaan kacamata pelindung khusus atau goggle. Penggunaan kacamata goggle ini posisinya lebih pas menempel di wajah, sehingga mampu memberikan perlindungan yang lebih baik kepada mata pengendara daripada kaca yang terpasang pada helm alias visor.

Meskipun sama-sama kacamata, kacamata goggle dan kacamata biasa ini memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi kacamata goggle tidak dapat digantikan dengan kacamata biasa yang sering digunakan pada umumnya.  Kacamata biasa, hanya mampu melindungi penglihatan, seperti dari sinar matahari agar tidak silau, ataupun memperjelas pandangan mata.

Kacamata biasa tidak disarankan untuk digunakan saat berkendara, baik itu mengendarai motor ataupun mobil. Karena, tingkat keamananya kurang dan dapat membahayakan keselamatan. Pada kemungkinan terburuk, seperti saat ada guncangan, hingga kendaraan tidak terkontrol kacamata biasa tidak akan mampu melindungi mata.

Karena itu, penggunaan goggle sangat disarankan ketika menggunakan helm tanpa kaca saat mengendarai motor. Selain, menggunakan goggle, kamu juga disarankan untuk menggunakan masker, agar debu dan kotoran tidak mudah terhirup.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini