Tips Menyalip yang Tepat dan Aman untuk Truk

Aci
Selasa 21 Maret 2023, 11:11 WIB
Ilustrasi supir truk (Sumber : Instagram.com/@truckpost_indonesia)

Ilustrasi supir truk (Sumber : Instagram.com/@truckpost_indonesia)

LABVIRAL.COM - Beragam jenis kendaraan ada di jalan raya; dari kendaraan roda dua, tiga, empat bahkan sampai kendaraan roda enam ke atas ada di jalan raya. Setiap kendaraan memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda; semakin besar kendaraan yang dibawa maka semakin besar pula risikonya.

Untuk itu, semakin besar kendaraan, tidak sembarang orang bisa mengemudikannya. Sebut saja truk, mengemudikan truk tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa aturan dan pemahaman tingkat tinggi terkait keselamatan mengemudi di jalan raya dengan truk.

Salah satu pemahaman keselamatan yang harus dipahami kamu mengemudikan truk ialah cara meyalip. Cara menyalip truk dan mobil biasa tidak jauh berbeda, hanya saja bagi pengemudi truk yang ingin menyalip harus lebih berhati hati dan mawas diri.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Kursus Mengemudi Mobil Terpercaya Daerah Pamulang Tangerang Selatan, Dijamin Lancar

Menyalip memang dibolehkan, tapi alangkah baiknya saat ingin menyalip, lakukan dengan benar dan hati-hati. Agar sampai ke rumah dengan aman sentosa, bukan sampai ke alam lain dengan mengenaskan. Ups!

Nah, bagaimana sih, cara menyalip yang benar dan baik?

Berikut, Labviral.com, uraikan tips menyalip kendaraan dengan benar untuk sopir truk. Yuk, disimak, ya!

Pernahkah kamu merasa ragu-ragu saat hendak menyalip? Jika iya, sebaiknya jangan lakukan. Sebab, menyalip membutuhkan keyakinan dan keberanian.

Jika kamu menyalip dengan ragu, dikhawatirkan kamu akan membuat kendaraan yang ingin kamu salip malah kagok. Selain itu, kendaraan yang berada di sekitarmu pun akan ikut kagok. Apalagi kendaraan yang kamu bawa bermuatan besar. Maka saat ingin menyalip, pastikan kamu benar-benar yakin.

Baca Juga: Pahami Titik Blind Spot dan Cara Menghadapinya

Tips menyalip

  • Saat kamu memutuskan untuk menyalip, pastikan kondisi terasa aman terkendali, dan lalukan dengan sepenuh hati juga dengan hati-hati.
  • Pastikan pandangan aman ke depan, dimana kamu dapat melihat dengan jelas keadaan di depan jalan.
  • Pastikan tidak ada kendaraan dari arah berlawanan. Jikapun ada, kamu harus memastikan bahwa jarak kendaraan di depanmu sudah aman.
  • Sebelum menyalip, pastikan kamu sedang tidak disalip kendaraan lain yang berada di belakang, atau sampingmu. Gunakan kaca spion sebaik mungkin. Jadi sebelum menyalip, kamu wajib menengok sejenak ke samping untuk memastikannya.
  • Saat ingin menyalip, jangan lupa nyalakan lampu sein. Hal tersebut untuk memberi tanda kepada kendaraan yang kamu salip dan kendaraan yang berada di sekitarmu, ke mana arah yang kamu tuju dalam waktu dekat dan cepat.
  • Jangan membuntuti kendaraan lain yang menyalip. Misalnya di depanmu ada mobil yang menyalip kendaraan yang berada di depannya, lalu tanpa pikir panjang kamu mengikutinya. Sebaiknya, hal tersebut jangan dilakukan. Mobil besar kamu jangan membuntuti mobil lainya. karena ruang sisa yang kamu lihat di depan adalah untuk kendaraan pertama, tidak ideal untukmu.

Baca Juga: Pengemudi Truk Harus Paham Titik Blind Spot dan Cara Menanggulanginya

Nah, itu dia tips menyalip dari Labviral.com. Oh, penting untuk kamu ketahui juga peraturan pemerintah bahwa truk tak boleh berada di jalur kanan, lho.

Kendaraan berjenis bus dan truk termasuk kendaraan bertonase besar, yakni kendaraan dengan beban yang lebih besar ketimbang kendaraan bermotor lainnya, kendaraan ini seharusnya melaju lebih lambat ketimbang kendaraan bermotor lainnya.

Oleh karenanya, bus dan truk diharuskan untuk melaju pada lajur kiri, agar kendaraan lain dapat menyalip dengan mudah. Jadi demi keselamatan bersama, sebaiknya pikirkan matang-matang, apakah perlu menyalip, dan amankah saat kamu menyalip. Dalam hal ini, kamu harus bijak untuk mengambil keputusan. Ingat, biar lambat, asal selamat. Semoga bermanfaat!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini