Jangan Sampai Mesin Mobil Menggelitik, Bersihkan Ruang Bakar Secara Mandiri

Aci
Selasa 21 Maret 2023, 11:13 WIB
Waspadai penyebab mesin mobil bergetar saat dinyalakan. (Sumber : Pexels.com)

Waspadai penyebab mesin mobil bergetar saat dinyalakan. (Sumber : Pexels.com)

LABVIRAL.COM - Menjaga performa mobil kesayangan tentu saja menjadi hal yang utama. Karena jika performa kendaraan terjaga, maka berkendara akan jauh lebih  aman dan nyaman.

Ruang bakar, yap!

Ruang bakar menjadi salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan. Bagian tersebut termasuk bagian vital yang harus dijaga untuk performa mobil agar tetap maksimal.

Ruang bakar mobil harus kamu perhatikan dengan dibersihkan. Sebab jika ruang bakar mobil tidak diperhatikan, maka siap-siap akan ada penumpukan kerak karbon pada ruang bakar mobilmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Mesin Cuci

Penumpukan kerak karbon pada ruang bakar mobil dapat menjadi salah satu penyebab turunnya performa mobil. Biasanya, penumpukan kerak terjadi karena usia kendaraan itu sendiri.

Penumpukan kerak pada ruang bakar dapat menyebabkan mobil mengalami gejala knocking atau mesin ngelitik saat mobil berakselerasi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memperhatikan kondisi ruang bakar. Kamu harus rajin membersihkannya, sebab membersihkan ruang bakar dari kerak karbon dapat kamu lakukan sendiri tanpa perlu mekanik bengkel, lho!

Baca Juga: Mesin Mobil Menggelitik dengan Suara Tak Lazim, Apa Sebabnya?

Bagaimana caranya membersihkan ruang bakar? Berikut Labviral.com punya tips dan trik untuk membersihkan ruang bakar dari kerak karbon secara mandiri.

Hal paling sederhana yang dapat kamu lakukan jika ingin membersihkan ruang bakar mobil dari kerak karbon pada ruang bakar yaitu dengan cara mengendarai kendaran itu sendiri sambil menggeber geber mobil pada jarak dan kecepatan tertentu, perlu kamu ingat ya, saat kamu menggeber mobil untuk membersihkan kerak karbon kamu tidak boleh melebihi batas redline pada panel RPM atau tachometer.

Baca Juga: Ciri-ciri Paking Blok Mesin Bocor dan Cara Mengatasinya

Membersihkan kerak dengan cara tersebut dapat kamu lakukan jika kotoran karbon pada ruang bakar tidak terlalu parah.

Lain hal, jika kerak karbon cukup parah, makan kamu harus membersihkannya dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan cairan pembersih ruang mesin bakar, atau yang lebih dikenal dengan carbon cleaner.

Jika kamu membersihkan ruang bakar dengan carbon cleaner, kamu dapat membersihkan dengan acara memasukkan cairan carbon cleaner, kemudian dibuang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini