Green Technology Lewat Platform HEARTECT dan SHVS Diterapkan Suzuki, Apa Hebatnya?

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 21 Maret 2023, 16:25 WIB
Terdapat dua terapan teknologi yang menjadi unggulan Suzuki saat ini, yaitu platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

Terdapat dua terapan teknologi yang menjadi unggulan Suzuki saat ini, yaitu platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

LABVIRAL.COM, Perkembangan teknologi di industri otomotif kian beragam dan menguntungkan guna mencapai tujuan kendaraan yang semakin ramah lingkungan, seperti upaya yang dilakukan Suzuki melalui penerapan Green Technology. Terdapat dua terapan teknologi yang menjadi unggulan Suzuki saat ini, yaitu platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

“Sebagai perusahaan yang berpengalaman dan terus berinovasi untuk kepuasan konsumen, Suzuki terus mengembangkan beragam alternatif teknologi yang ramah lingkungan. Suzuki menggunakan konsep “Kecil, Sedikit, Ringan, Pendek dan Rapi” sebagai inisiatif untuk mengatasi masalah lingkungan,” ujar Mahardian Ismadi Brata, Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT. Suzuki Indomobil Motor.

Bagi yang masih bingung apa itu HEARTECT dan SHVS? Berikut penjabarannya:

Baca Juga: Dibawah 30 Juta, Ini Daftar Harga Motor Baru dari Honda hingga Suzuki

1. Platform Hati atau HEARTECT sebagai generasi terbaru

HEARTECT merupakan platform generasi terbaru dari Suzuki yang mengedepankan bobot ringan yang berkontribusi pada peningkatan kinerja saat berkendara namun tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan kendaraan.

Bobot kendaraan yang dirancang lebih ringan dapat mengurangi beban mesin, sasis, suspensi dan komponen lainnya sehingga menciptakan efisiensi bahan bakar serta peningkatan kinerja. Untuk setiap pengurangan 100kg bobot kendaraan, berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar sekitar 5-6%.

Selain itu, struktur sasis yang lebih ringan, rigid dan keamanan yang lebih baik jika terjadi benturan. Platform HEARTECT lebih rigid 10% dan membuat kendaraan secara keseluruhan lebih ringan hingga 15%, sehingga peningkatan performa dapat terwujud secara optimal.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Sport Terbaru, Ada Suzuki GSX R150 hingga Honda All New CB 150R

2. Hadirkan inovasi SHVS

SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) dibentuk dengan kombinasi perangkat ISG atau Integrated Starter Generator serta Lithium-Ion Battery. Kombinasi kedua perangkat ini membuat pengalaman berkendara menjadi jauh lebih baik, kinerja bahan bakar yang efisien, ringan, dan compact, sehingga sistem SHVS ini ideal untuk compact car. Teknologi seperti ini dikenal juga sebagai Mild Hybrid.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini