5 Kesalahan Pengemudi Mobil Manual, Jangan Lakukan Lagi!

Aci
Rabu 22 Maret 2023, 11:56 WIB
Ilustrasi: Transmisi mobil manual. (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi: Transmisi mobil manual. (Sumber : Pexels.com)

LABVIRAL.COM- Mengendarai mobil manual memang lebih sulit dibanding mengendarai mobil matic. Maka saat berkendara menggunakan mobil manual, kamu disarankan untuk lebih teliti dan hati-hati.

Terlebih jika kamu pengemudi baru, ada beberapa hal yang kamu hindari demi keselamatan kamu juga orang-orang di sekitarmu.

Berikut ini, Labviral.com mau kasih tahu kamu beberapa hal yang harus kamu hindari saat mengendarai mobil manual.

Baca Juga: Cara Berkendara Aman Saat Terjadi Hujan Abu Vulkanik, Pengemudi Wajib Waspada!

Pakai gigi 2 saat start

Kamu tidak disarankan untuk langsung menggunakan gigi 2 saat start. Karena kondisi ini dianggap membuat beban mobil jadi bertambah. Itu bisa membuat mesin mobil terhindar dari kerusakan fatal.

Kaki menempel terus di pedal kopling

Saat kamu mengendarai mobil manual, maka posisi kaki harus stabil untuk menekan pedal-pedal mobil. Tapi, kamu tidak disarankan untuk memposisikan kakimu berada di pedal kopling secara terus-menerus. Hal tersebut dapat menyebabkan kopling mobil menjadi aus.

Tuas porsneling dijadikan hand rest

Tak jarang saat tangan terasa pegal, orang akan menyendarkan atau mengistirahatkan tangan di tuas porsneling. Hal tersebut sebaiknya mulai saat ini tidak kamu lakukan, sebab dapat memicu kerusakan pada komponen porsneling.

Yap, diketahui komponen ini memiliki sistem mekanis sehingga akan rusak apabila mendapatkan tekanan dari tangan. Jika ditekan secara terus-terusan, maka usia pakai sistem mekanis pun bisa berkurang atau cepat rusak.

Baca Juga: 4 Hal Sepele yang Bisa Bawa Maut, Pengemudi Sering Lakukan

Parkir dengan keadaan masuk gigi

Kamu harus paham, sebelum memposisikan mobil di bagian parkir, kamu wajib menetralkan gigi. Memasukkan gigi saat mobil terparkir dianggap mampu menahan kendaraan agar tidak bergerak.

Padahal, kondisi ini bisa membahayakan keselamatan berkendara. Pasalnya, mobil bisa saja loncat saat dinyalakan pertama kali. Maka dari itu, pengendara tidak disarankan lagi untuk melakukan kesalahan ini.

Pakai gigi tinggi saat RPM rendah

Kamu sebaiknya menghindari penggunaan gigi tinggi saat RPM rendah. Beberapa orang melakukan hal tersebut karena dianggap mampu membuat mobil lebih irit. Sebaiknya, sesuaikanlah transmisi dengan kecepatan mobil.

Nah, itu beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan mobil manual, demi keselamatanmu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW

Selasa 21 Maret 2023, 18:45 WIB
Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW
Tech

Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW

Selasa 21 Maret 2023, 18:45 WIB
Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW
Berita Terkini