Ini Manfaat & Perbedaan Asuransi TLO dan Asuransi All Risk, Ketahui Dulu Sebelum Pilih Asuransi Mobil

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 22 Maret 2023, 23:39 WIB
Secara umum, asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (gabungan/comprehensive)

Secara umum, asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (gabungan/comprehensive)

LABVIRAL.COM, Secara umum asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (gabungan/comprehensive). Pasti masih banyak yang awam dengan kedua jenis asuransi ini bukan? Untuk itu, yuk ketahui lebih lebih lengkap apa saja sih manfaat dari kedua jenis asuransi mobil diatas sebagai berikut:

1. Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) ini merupakan asuransi mobil yang hanya dapat dilakukan jika terjadi kehilangan total. Maksud kehilangan total diatas ialah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan akibat pencurian maupun perampasan. Besar kerusakan 75% ini merupakan patokan, sebab mobil dipastikan tidak akan bisa digunakan kembali.

Salah satu keuntungan dari mengambil asuransi TLO ini ialah biaya premi asuransi TLO ini lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk. Jadi, jika memiliki mobil bekas berusia di bawah 10 tahun, lebih baik untuk mengambil asuransi TLO dibandingkan asuransi all risk.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Klaim Asuransi Agar Tidak Ditolak Ketika Mobil Rusak Karena Kecelakaan

2. All Risk (Gabungan/Comperhensive)

Selanjutnya yakni asuransi mobil All Risk atau yang juga disebut sebagai asuransi mobil comprehensive atau gabungan. Asuransi ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari milenial hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan asuransi mobil All Risk ini memberikan coverage menyeluruh untuk risiko kerusakan baik itu kerusakan kecil hingga besar.

Cakupan risiko ini pun dapat ditambah secara fleksibel, seperti untuk risiko bencana alam maupun kerusuhan.

Untuk biaya asuransi All Risk ini memiliki biaya premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi TLO mobil. Pada asuransi All Risk ini kamu akan dikenakan biaya pada kisaran 1,05% hingga 4,2% (tergantung harga mobil dan wilayah).

Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang, Emas dan Asuransi Diantaranya

Meskipun perlindungan asuransi All Risk ini ditawarkan lebih lengkap dibandingkan TLO, pertu di ingat bahwa perlindungan asuransi all risk ini hanya berlaku dalam satu tahun saja. Maka dari itu, asuransi mobil all risk ini lebih cocok digunakan untuk mobil-mobil yang baru diproduksi atau dibeli pada tahun yang sama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini