Simak Yuk! 4 Kelebihan dan Kekurangan dalam Sistem Pembelajaran E-Learning

Dian Eko Prasetio
Kamis 23 Maret 2023, 21:04 WIB
Penerapan e-learning dapat menjadi suatu metode pembelajaran yang hemat sumber daya (Sumber : dok. Freepik)

Penerapan e-learning dapat menjadi suatu metode pembelajaran yang hemat sumber daya (Sumber : dok. Freepik)

LABVIRAL.COM - Sistem pembelajaran berbasis digital atau e-learning merupakan solusi meminimalisir penyebaran virus di tengah merebaknya wabah COVID-19. Masyarakat yang "bermigrasi” dari cara manual ke media digital lantas semakin banyak memanfaatkan e-learning dalam sektor pendidikan.

Proses pembelajaran dengan metode e-learning semestinya dapat menghemat sumber daya jika infrastrukturnya mumpuni. Namun, penerapan e-learning juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Berikut empat kelebihan dan kekurangan dalam sistem pembelajaran e-learning seperti dilansir Labviral.com dari laman resmi Wantiknas:

Kelebihan

1. Waktu belajar fleksibel

Banyak orang tidak memiliki waktu yang cukup saat ingin belajar lagi. Salah satu alasannya karena  waktu yang ada banyak digunakan untuk bekerja. 

Pembelajaran berbasis digital atau e-learning ini adalah solusinya. Proses belajar bisa dilakukan kapanpun tanpa terikat dengan waktu belajar.

Baca Juga: Menjadi Hits Lagu di Album Gemintang, Berikut Lirik Lagu Milikmu Selalu dari Andien

2. Dapat diakses dengan mudah

Hanya dengan ponsel pintar atau device lain seperti notebook yang terhubung dengan internet, maka siswa sudah sudah bisa mengakses materi yang ingin dipelajari. Anda dapat melakukan kegiatan pembelajaran di mana saja dan kapan saja. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini