Cara Menggunakan ChatGPT di Microsoft Word

Dian Eko Prasetio
Kamis 23 Maret 2023, 23:46 WIB
Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

Tampilan pembuka laman ChatGPT (Sumber : ChatGPT)

LABVIRAL.COM - AI ChatBOT ChatGPT bisa digunakan di Microsoft Word, menggunakan fitur aplikasi pihak ketiga bernama Ghostwriter. 

Dengan Ghostwriter, kamu tidak perlu beralih ke laman, untuk menyalin jawaban ChatGPT. Aplikasi ini telah tersedia di Office Add-In.

Ghostwriter dibuat oleh Patrick Husting, seorang pengusaha dan  pengembang perangkat lunak atau developer software di Seattle, dirinya pernah bekerja di bisnis konsultasi Microsoft pada akhir 1990-an.

Dikarenakan tidak efisiennya copy paste dari ChatGPT ke Microsoft Word, Husting ingin menyematkan ChatGPT di layanan Microsoft Word.

Kemudian, dia menyarankan ide tersebut ke Microsoft dan ternyata mendapat restu. Dia mengklaim sudah mendapatkan persetujuan dari Microsoft untuk menyematkan add-in Ghostwriter di Microsoft Word.

Berikut cara menggunakan ChatGPT di Microsoft Word, melalui Ghostwriter:

Baca Juga: Kamu Termasuk Pria Dewasa atau Kekanakan? Coba Amati Tanda-tandanya

  1. Buka AppSource.microsoft.com.
  2. Jika belum punya akun AppSource, kamu akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu memakai akun email kantor atau univesitas, yang bekerja sama dengan Microsoft .
  3. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu bisa langsung cari Ghostwriter, lalu klik 'Dapatkan'
  4. Terakhir, ada pilihan 'Buka di Word', untuk memasang Ghostwriter sebagai sidebar
  5. Setelah terpasang pada sidebar, kamu perlu memasukkan 'purchase key' untuk memakai layanan ini. Purchase key didapat dari link yang akan muncul di layar Ghostwriter.
  6. Setelah proses pembayaran selesai dan purchase key dimasukkan, kami sudah bisa menggunakan Ghostwriter.

Untuk menggunakan ChatGPT di Microsoft Word melalui Ghostwriter, kamu perlu membayar untuk berlangganan. Paketannya terdiri dari Basic Edition hingga Pro Edition. 

Basic Edition dapat merespon tulisan sebanyak 2 paragraf, dalam satu waktu dengan harga 10 USD atau sekitar Rp 150 ribuan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini