Pengertian dan Penyebab Terjadinya Sunburn pada Speedometer Digital Sepeda Motor

Yowan R
Jumat 24 Maret 2023, 09:03 WIB
Ilustrasi panel speedometer yang terkena sunburn (Sumber : shopee)

Ilustrasi panel speedometer yang terkena sunburn (Sumber : shopee)

LABVIRAL.COM - Bener nggak sih kalau speedometer motor jenis digital nggak boleh terlalu lama atau terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung bisa menjadi rusak. Apa saja kerusakan yang bisa dialami pada speedometer digital motor.

Salah satu kerusakan yang terjadi pada speedometer digital motor adalah Sunburn yang memiliki arti terbakar karena matahari.

Nah untuk sunburn pada speedometer ini jika diartikan secara sederhana adalah speedometer jenis digital pada sepeda motor rusak karena terkena paparan sinar matahari.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Matic Lengkap Segala Merk, Modal Bonceng Ayang

Speedometer digital yang bisa terkena sunburn ini adalah speedometer digital yang terkena sinar matahari langsung dalam kurun waktu lama. Jika hanya dalam waktu 1 jam saja, kemungkinan besar speedometer akan aman dari sunburn.

Meskipun demikian sangat tidak disarankan untuk terlalu sering motor diletakkan dibawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, mengingat kejadian sunburn pada speedometer digital ini bukan hal mustahil untuk terjadi.

Speedometer digital yang mengalami sunburn ini biasanya ditandai dengan menghilangnya angka ataupun tulisan yang ditampilkan secara digital pada panel speedometer.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Royal Enfield, Tidak Untuk yang Masih Pake Sabun Badan di Muka

Penyebabnya, salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizer terbakar karena panas sinar matahari. Akibatnya, lapisan polarizer tadi rusak dan tidak bisa menampilkan tulisan atau angka secara digital pada layar panel speedometer.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini