Data Penting Terhapus di Perangkat? Jangan Panik, Berikut Cara Mengembalikannya

Dian Eko Prasetio
Jumat 24 Maret 2023, 13:07 WIB
Ilustrasi data terhapus (Sumber : Pixabay/Dorothea)

Ilustrasi data terhapus (Sumber : Pixabay/Dorothea)

LABVIRAL.COM - Perkembangan teknologi saat ini terjadi sangat masif dan semakin canggih. Kehadiran laptop dan HP seakan-akan membuat hidup menjadi lebih mudah, segala aktivitas yang kita lakukan bisa dilakukan hanya dengan swipe dan klik.

Tak heran apabila perangkat tersebut menjadi berbagai penyimpanan data-data penting, baik dari data pribadi, perbankan maupun pekerjaan.

Namun kalian pernah tidak sih berada di posisi ketika data berharga terhapus secara tidak sengaja? Pasti panik dong? Merasa khawatir dan bingung.

Tenang, tidak usah panik, Labviral.com mau membagikan beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan apabila data-data yang ada di handphone maupun laptop kamu tidak sengaja terhapus.

Penasaran apa saja tipsnya? Yuk simak di bawah ini:

Baca Juga: 5 Hotel Dekat Tempat Wisata di Yogyakarta, Bikin Liburan Makin Nyaman

1. Aplikasi Dr. Fone

Aplikasi pertama ini mungkin bisa kamu pakai untuk mengembalikan data-data penting yang ada di smartphone Android kamu yang tak sengaja terhapus. Tak hanya untuk smartphone Android kamu saja, untuk perangkat laptop atau komputer juga bisa.

Cara penggunaannya juga mudah, kamu tinggal mengunduh dan menginstallnya saja, setelah itu sambungkan ponsel kamu kepada perangkat menggunakan kabel data USB.

Nanti secara otomatis aplikasi tersebut akan mulai mengindentifikasi data dari perangkat kamu. Setelah itu layar akan segera menampilkan beberapa directory berupa beberapa file yang memang bisa untuk dipulihkan kembali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini