Tips Merawat Aki Mobil Agar Tak Cepat Tekor

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 25 Maret 2023, 14:28 WIB
dok. Nissan.co.id

dok. Nissan.co.id

LabViral.com - Aki adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Fungsi utamanya adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya.

Saat aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu. Lantas apa yang harus dilakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor?

Berikut ini 6 tips merawat aki mobil agar tidak cepat tekor atau soak yang dilansir LabViral.com dari Nissan.

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. 

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini