Aki Motor Harus Diganti, Cek Tanda-tandanya

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 17:05 WIB
Illustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Aki adalah salah satu komponen sistem kelistrikan yang sangat penting. Aki juga bisa disebut sebagai jantungnya motor, karena hampir semua komponen kelistrikan motor dialiri listrik dengan sumber aki.

Umumnya aki memiliki masa pakai kurang lebih 1-2 tahun, atau pemakaian lebih dari 20.000 km. Tapi itu bukan menjadi acuan untuk mengganti komponen ini, semua tergantung dari perawatan dan cara pemakain sehari-hari.

Karena aki memiliki fungsi yang sangat penting, ada baiknya kamu selalu memeriksa kondisi agar aki selalu dalam performa puncak dan harus segera menggantinya dengan yang baru jika aki sudah memunculkan tanda-tanda kerusakan. 

Inilah tanda-tanda aki yang bisa kamu ketahui dan segera menggantinya.

1. Usia Pakai Sudah Mencapai 2 Tahun Atau Lebih

Sesuai dengan penjelasan di atas, aki memiliki masa pakai kira-kira 1 sampai 2 tahun. Jika aki telah mencapai masanya performa aki akan mengalami penurunan, kamu harus mengecek kondisi aki jika telah menimbulkan tanda-tanda penurunan performa. 

Aki yang sudah habis masa pakai akan memberikan risiko bagi kamu contohnya motor mati mendadak di saat perjalanan, tentunya kamu tidak mau dong mengalami hal itu. Jadi sangat disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Starter Elektrik Tidak Berfungsi

Aki yang rusak, tekor atau soak menjadikan elektrik starter motor kamu menjadi tidak berfungsi karena arus listrik yang dibutuhkan untuk menggunakan elektrik starter tidak tercukupi. Hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara.

3. Menurunnya Suara klakson

Klakson motor yang suaranya meredup juga bisa dijadikan sebagai tanda aki motor kamu sudah harus diganti. Klakson yang ada pada motor mendapatkan arus listrik langsung dari aki, jika aki sudah rusak mala klakson tidak mendapatkan tegangan listrik yang cukup.

4. Lampu Indikator Aki Berkedip

Pada sepeda motor yang sudah memiliki indikator aki pada speedometer, lampu ini akan berkedip.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Aki Motor Bolehkah Dipasang Miring?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:44 WIB
Aki Motor Bolehkah Dipasang Miring?
Berita Terkini