4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 17:02 WIB
Illustrasi Oli (Sumber : Pinterest)

Illustrasi Oli (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Sejumlah ketentuan harus diperhatikan demi mendapatkan oli yang paling sesuai dengan kebutuhan motor. Ada beberapa jenis oli motor yang dijual di pasaran. Memilih dengan asal memang bisa menjadi solusi cepat.

Tetapi, dalam jangka panjang, mesin motor tidak akan bertahan lama. Selain itu, kinerja motor juga tidak akan maksimal. 

Maka dari itu, diperlukan beberapa hal agar pengendara motor dapat merasakan kenyamanan maksimal ketika berkendara dengan motornya. Berikut beberapa tips dalam memilih motor. 

Baca Juga: Ganti Oli Transmisi, Cek Harganya!

1. SAE oli

Salah satu kode yang kerap muncul adalah SAE atau Standar Society of Automotive Engineers, yang digunakan untuk menunjukkan kekentalan dari oli, seperti SAE 10W-30, SAE 20W-50, dan lainnya. Kode SAE memiliki beberapa makna.

Angka setelah huruf SAE menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin atau ketika motor mati. Sedangkan angka di belakang SAE menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu panas atau ketika motor digunakan. Semakin besar angka maka semakin kental olinya. 

2. API oli

API adalah kependekan dari Americ Petroleum Institute atau lembaga yang memeriksa kualitas oli. Contohnya adalah API SL, API SP, API SN dan lainnya.

Semakin tinggi huruf di belakang huruf S, maka kualitas oli akan semakin baik dan sangat cocok untuk motor keluaran terbaru seperti API SN atau API SP. Selain kode tersebut, ada pula API CK, API CJ, dan lainnya.

Sedangkan huruf C tersebut menunjukkan penggunaan oli untuk mein diesel dan mesin lainnya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Oli 20W-40 Cocok untuk Motor Apa Ya?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:34 WIB
Oli 20W-40 Cocok untuk Motor Apa Ya?
Berita Terkini