Charger Power Bank dalam Bus, Sebaiknya Jangan!

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 16:36 WIB
Ilustrasi suasana bus (Sumber : Instagram/@ririe_eirir via  Instagram/terminalbusindonesia)

Ilustrasi suasana bus (Sumber : Instagram/@ririe_eirir via Instagram/terminalbusindonesia)

LABVIRALCOM - Salah satu fasilitas yang disediakan bus yaitu tempat pengisian daya. Banyak masyarakat yang melakukan pengisian daya di dalam bus. Tak hanya pengisian daya hp, masyarakat juga masih suka melakukan pengisian daya power bank di dalam bus.BUS

Tapi, amankah mengisi power bank di dalam bus? Mengingat beberapa waktu lalu, sempat terjadi kasus bus yang terbakar akibat power bank yang sedang diisi dayanya.

Jika berbahaya, mengapa stop kontak disediakan di dalam bus? Berikut Labviral.com, jelaskan. Yuk, disimak ya!

Baca Juga: Hanya Gagah-gagahan, Deretan Striker Bus yang Ternyata Palsu

Saat ini, memang banyak bus transportasi umum yang menyediakan fasilitas stop kontak untuk mengisi daya melalui charger ataupun power bank. Akan tetapi, fasilitas tersebut memang disediakan untuk mengisi daya hp, bukan power bank.

Karena dibanding dengan HP, power bank memiliki potensi bahaya yang lebih besar atau rawan meledak saat diisi melalui USB di dalam kendaraan. Hal tersebut disebabkan oleh kualitas power bank yang pasti berbeda beda dari setiap penumpang.

Baca Juga: Punya Rute Terjauh Bus Ternyata PO ALS tanpa Toilet, Kok Bisa?

Memang sampai saat ini, belum ada kejelasan secara pasti mengenai bahaya mengisi daya di bus. Hanya saja, yang menjadi hal utama yaitu kualitas dari power bank yang dimiliki penumpang juga berbeda-beda. Sehingga, potensi bahaya bisa muncul saat dicas. Selain itu, dibanding dengan HP, power bank mudah panas jika sedang diisi daya. Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya untuk kendaraan yang sedang beroperasi.

Dan juga, pengisian daya power bank akan lebih memakan tenaga dari aki yang lebih besar, dibandingkan dengan pengisian daya HP. Maka jika kualitas power bank tidak begitu bagus, khawatir tidak kuat menerima daya begitu besar, sehingga menimbulkan panas yang teramat tinggi dan berpotensi meledak.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih, Arti Kode Lampu Sein pada Bus Malam

Nah mulai sekarang, kalau kamu ingin mengisi daya di dalam bus, sebaiknya langsung mengisi daya di HP saja. Karena pengisian daya HP, jauh lebih aman dibandingkan power bank, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan. Semoga bermanfaat![]

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini