5 Tips Aman Naik Motor Saat Pakai Busana Muslimah

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 19:04 WIB
Olla Ramlan akan touring ke Bukittinggi bersama Harley Davidson Club Indonesia (Sumber : INSTAGRAM/ollaramlan)

Olla Ramlan akan touring ke Bukittinggi bersama Harley Davidson Club Indonesia (Sumber : INSTAGRAM/ollaramlan)

LABVIRAL.COM - Berkendara merupakan hak siapa saja, bagi semua yang sudah mendapatkan izin untuk berkendara. Tak terkecuali wanita berbusana muslimah.

Yap, melihat wanita muslimah kerap kali mengenakan pakaian serba longgar, seperti baju dan rok yang longgar tak lupa dengan hijab yang menjadi pembeda mereka. Tapi, amankah mengenakan pakaian semacam itu saat naik motor?

Terkait pakaian saat berkendara dengan kendaraan roda dua, memang disarankan mengenakan pakaian yang simpel dan sederhana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan; seperti pakaian yang tersangkut ke ban, ataupun jari-jari, kehilangan fokus karena gangguan dari pakaian yang dikenakan.

Tapi, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan bagi seoarang wanita muslimah yang ingin menggenakan baju gamis atau rok untuk dapat berkendara dengan motor.

Nah, kali ini Labviral.com punya tips untuk kamu wanita muslimah yang ingin berkendara mengenakan pakaian muslimah, agar tetap aman dan nyaman. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Jadwal Imsak Situbondo 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Situbondo Ramadhan 2023

Pakai motor matic

Untuk kamu wanita muslimah yang ingin berkendara dengan motor dengan tetap mengenakan pakaian muslimah, akan jauh lebih aman ketikan motor yang kamu pakai adalah motor matic. Karena pada beberapa kasus kecelakaan wanita yang berkendara dengan pakaian muslimah, itu disebabkan karena pakaiannya tersangkut ke gear rantai dan menggulung.

Sepeda motor matic dianggap lebih aman karena memiliki cover depan yang bisa meminimalisir hembusan angin di bagian bawah, tidak memiliki gear bergerigi atau komponen yang digerakkan rantai, dan lebih praktis dikendarai (cukup atur gas dan rem saja).

Baca Juga: Jadwal Imsak Probolinggo 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Probolinggo Ramadhan 2023

Tetap pakai helm

Helm merupakan syarat wajib berkendara dengan motor bagi siapa saja tanpa terkecuali. Nah, yang jadi permasalahan wanita muslimah yang menggunakan hijab, terkadang enggan mengenakan helm karena alasan akan membuat hijabnya kusut.

Cantik, hijab yang kusut dapat kamu luruskan. Tapi kepala yang kusut tentu itu akan menjadi masalah serius, bukan? Kamu penting mengenakan helm, ya cantik, untuk keamananmu.

Baca Juga: Jadwal Imsak Sampang 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Sampang Ramadhan 2023

Pakai gamis atau rok yang sederhana

Selain hijab, gamis dan rok memang menjadi ciri dari wanita muslimah. Tak sedikit wanita muslimah di jalanan yang berkendara dengan motor mengenakan gamis dan rok.

Saat kamu naik motor dan ingin mengenakan pakaian tersebut, pastikan kamu menggunakan gamis atau rok yang tidak terlalu ribet seperti memiliki rumbai-rumbai yang banyak, baju berundak-undak bahkan sampai melebihi bagian bawah motor, baju melebar ke kanan ke kiri berlebihan. Pastikan pakaian yang kamu gunakan mudah diatur, agar tidak merepotkan kamu saat berkendara dengan motor.

Baca Juga: Jadwal Imsak Sampang 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Sampang Ramadhan 2023

Pakai jaket

Saat kamu berkendara dengan motor, jaket menjadi pelindung dari udara panas maupun dingin. Untuk kamu wanita muslimah yang ingin berkendara dengan motor tapi pakai baju gamis, jaket dapat meminimalisir kemungkinan baju yang kamu kenakan agar tidak terbang-terbang.

Baca Juga: Jadwal Imsak Lamongan 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Lamongan Ramadhan 2023

Santa saja

Kebut- kebutan tentu saja berbahaya bagi siapa saja, tanpa terkecuali. Kamu disarankan untuk berada di kecepatan rendah, maksimal sekitar 40 kpj saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk pakaian yang menjuntai.

Nah, itu dia tips aman untuk kamu wanita muslimah yang ingin berkendara dengan motor menggunakan baju gamis ataupun rok. Semoga bermanfaat, ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini