Pentingnya Ganti Oli Transmisi Mobil Manual, Harus Rutin Yess!

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 20:41 WIB
Penggantian oli transmisi secara rutin dikatakan dapat memberikan dampak yang baik terhadap komponen transmisi yang ada di kendaraan.

Penggantian oli transmisi secara rutin dikatakan dapat memberikan dampak yang baik terhadap komponen transmisi yang ada di kendaraan.

LABVIRAL.COM, Oli adalah salah satu elemen penting mesin kendaraan bermotor. Perawatan berupa ganti oli rutin wajib diperhatika pemilik kendaraan baik mobil maupun kendaraan roda dua.

Bagi pengguna mobil dengan transmisi manual termasuk disarankan tidak mengabaikan untuk mengganti oli transmisi secara rutin demi menghindari masalah pada kinerja sistem perpindahan gigi di waktu tak terduga.

"Anjuran demikian sebenarnya dapat dilihat langsung dari buku panduan pemilik. Umumnya, mobil manual disarankan mengganti oli transmisi setiap 40.000 km," kata Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana.

Baca Juga: Ganti Oli Transmisi, Cek Harganya!

Penggantian oli transmisi secara rutin dikatakan dapat memberikan dampak yang baik terhadap komponen transmisi yang ada di kendaraan. Oli transmisi sendiri memiliki fungsi untuk menjaga komponen di dalamnya tetap ideal.

Untuk kendaraan dengan penggunaan yang rutin dengan jarak tempuh jauh, Dia menyarankan untuk melakukan pergantian oli transmisi mobil manual sebaiknya dipercepat. Bisa 20.000 km atau 25.000 km.

Jika memang tidak diganti secara rutin, masalah yang timbul bisa saja terjadi seperti perpindahan gigi terasa keras dan akan terasa susah untuk diganti.

Baca Juga: Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?

"Ada dua kemungkinan masalah, pertama bisa jadi kampas koplingnya sudah tipis. Sementara kedua, dikarenakan kondisi oli transmisi manual sudah jelek," ucap dia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ganti Oli Transmisi, Cek Harganya!

Sabtu 25 Maret 2023, 12:05 WIB
Ganti Oli Transmisi, Cek Harganya!
Tech

Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Ganti Oli Motor, Baiknya Kapan?
Berita Terkini