Cara Bersihkan Ventilasi AC Mobil, Gini Nih!

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 20:51 WIB
Penting untuk menjaga ventilasi AC agar tetap bersih dan bebas debu.

Penting untuk menjaga ventilasi AC agar tetap bersih dan bebas debu.

LABVIRAL.COM, Salah satu komponen kabin kendaraan penumpang yang paling banyak bekerja adalah AC. Hal itu kadang membuat partikeyl debu terjebak di ventilasi AC. Partikel debu pada ventilasi AC bisa membuat tidak sehat bagi penumbang mobil.

Penting untuk menjaga ventilasi AC agar tetap bersih dan bebas debu. Disarankan untuk membersihkan ventilasi AC setidaknya setiap satu atau dua bulan. Berikut beberapa cara mudah untuk memastikan ventilasi AC di dalam mobil tetap bersih seperti melansir dari Hindustan Times.

Baca Juga: AC Mobilmu Gak Dingin?

Gunakan kuas busa dan pembersih buatan sendiri

Beli kuas busa, yang akan menjadi alat untuk masuk jauh ke dalam ruang di antara bilah ventilasi AC. Kuas ini tidak mahal dan mudah didapat juga. Bubuhkan kuas dalam larutan pembersih rumahan dari air hangat dan cuka.

Sisipkan kuas di antara setiap bilah ventilasi untuk menghilangkan debu dan kotoran. Sikat dan sesuai kebutuhan untuk menghilangkan debu. Akhiri dengan menyeka ventilasi dengan sikat kering.

Baca Juga: Freon AC Mobil Sering Habis, Begini Cara Mengatasinya

Ganti filter udara kabin mobil

Sebagian besar mobil modern dilengkapi dengan filter udara kabin yang mudah diganti, yang hanya dapat diakses dari kabin. Periksa manual pengguna untuk mempelajari cara menggantinya.

Biasanya filter udara kabin harus diganti dengan yang baru setiap 24.000 km. Pertimbangkan untuk menggantinya lebih sering jika Anda tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi yang lebih tinggi.

Baca Juga: Kisaran Biaya Servis AC Mobil di 3 Kota Besar Indonesia, Cekidot!

Semprotkan ventilasi AC kabin dengan pembersih disinfektan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

AC Mobilmu Gak Dingin?

Sabtu 25 Maret 2023, 20:34 WIB
AC Mobilmu Gak Dingin?
Berita Terkini